9 Tips Untuk Melindungi Anjing Kita

Mungkin kennel anda merupakan kennel rumahan dengan 10 anjing show atau anjing rumahan, atau 100 ekor anjing boardingan, tetap saja keamanan merupakan hal yang paling penting. Ikutilah tips-tips dibawah ini untuk mencegah penyebaran penyakit dan kecelakaan yang dapat menyerang anjing-anjing, orang-orang dan fasilitas yang ada.

1. Menentukan Persyaratan Vaksinasi
Sebelum adanya pengenalan vaksinasi terhadap anjing, distemper dan parvovirus telah banyak membunuh ribuan anjing, terlebih lagi di kennel. Selama beberapa dekade, beragam ukuran kennel, private maupun komersil, wajib vaksinasi tahunan.

Bagaimanapun juga, rekomendasi tentang vaksinasi telah berubah. Beberapa organisasi, termasuk American Animal Hospital Association (AAHA), telah mengakui bahwa antibodi-antibodi dapat berada ditubuh anjing lebih lama dari setahun; terkadang antibodi tersebut bahkan dapat bertahan selama anjing itu hidup.

Untuk anjing-anjing di dalam kennel anda, anda dapat memilih jadwal untuk meng-vaksinasi anjing anda setiap tiga tahun (direkomendasikan oleh AAHA) atau anda dapat meminta dokter hewan anda untuk menguji titer anjing-anjing anda untuk memastikan apakah vaksinasi ulangan perlu dilakukan atau tidak. Apapun yang anda pilih, bicarakanlah hal tersebut pada dokter hewan anda untuk menetapkan pedoman vaksinasi atau pengujian titer pada anjing di kennel anda, dan pastikan anda mengaplikasikan hal tersebut terhadap semua anjing anda.

2. Menjaga Kebersihan merupakan Prioritas
Beberapa pemilik kennel, seperti Don Hanson, pemilik dari Green Kennel Shop di Bangor, Maine, mengetahui bahwa kebersihan dimulai dengan memungut dan membuang kotoran anjing. Kotoran dapat dibuang ke dalam tong sampah, kemudian di tutup dan kemudian di buang dengan cara yang telah ditentukan peraturan daerah setempat. Kennel-kennel lain membuang kotoran melalui saluran selokan. Pengikis dapat melepaskan kotoran yang lengket dan mengering di lantai, dan seluruh kennel dapat dicuci dengan selang yang menyemprotkan air bertekanan tinggi. Pembersihan yang aman dan efektif termasuk menggunakan cuka, pemutih dan produk komersial lainnya. Sebagai tambahan, kandang, tempat jalan-jalan, dapur dimana dog food di persiapkan dan tempat grooming harus secara rutin dibersihkan.

“Kami memiliki kandang indoor/outdoor dan setiap kandang dibersihkan dua kali dalam sehari,” kata Hanson, yang mana tokonya merupakan sebuah Pet Care Services yang terakreditasi akan tempat penitipannya. “Semua tempat makanan dan minuman terbuat dari stainless steel dan dibersihkan setiap harinya. Kami menyediakan tempat tidur untuk anjing dan untuk mengontrol kebersihan, kami juga mencuci tempat tidur itu setiap harinya.”

3. Mencegah Penyebaran Penyakit dari Luar
Penyakit-penyakit dapat menyebar dengan sangat mudah bahkan di kennel yang paling bersih sekalipun. Mungkin saja anda pernah pergi ke sebuah toko dan seseorang di toko tersebut memiliki seekor anak anjing yang sedang sakit dirumahnya. Jika mereka menginjak kotoran atau kotoran anjing yang sakit tersebut tertempel dibawah sepatunya, dan anda menginjak kotoran tersebut, anda mungkin saja membawa pulang parvo atau penyakit lainnya.

Cara paling mudah untuk mencegah penyebaran penyakit kedalam kandang atau lebih penting, tempat anjing anda melahirkan, adalah dengan mengganti sepatu anda. Selalu gunakan sepasang sepatu khusus di dalam kennel dan jangan pernah menggunakan sepatu itu di tempat umum.

Waspadalah terhadap wabah penyakit di daerah anda. Mintalah dokter hewan untuk menyiagakan anda jika terjadi peningkatan anjing yang terserang penyakit, seperti parainfluenza ataupun parvo. Dokter hewan anda dapat memberikan anda petunjuk bagaimana cara mencegah wabah menyebar di dalam kennel anda.

4. Mencegah Anjing Kabur
Beberapa anjing suka kabur dari kandang anjing mereka karena mereka bisa. “Kami memiliki seekor anjing yang mempelajari cara untuk membuka setiap grendel yang ada di tempat ini,” kata Hanson. “Anjing itu akan membuka grendel kandangnya, mencari teknisi kandang, dan hanya duduk dan menunggu agar teknisi tersebut menyadari kehadirannya.” Anjing yang kabur itu sekarang dikunci, kata Hanson.

Baik bagian atas kadang maupun bagian bawahnya harus terjamin keamanannya sehingga anjing-anjing tidak dapat menggali dari bawah ataupun memanjat kandangnya. Lantai beton akan menghentikan anjing dari menggali tanah, tetapi jika dibawah kandang tersebut merupakan pasir, kerikil ataupun rumput, pasanglah pagar metal dibawah substrat. Gunakanlah pagar kawat (chain link) dibagian atas kandang anjing anda. Sebuah terpal biasanya tidak cukup karena anjing yang suka kabur akan mendorong/ mengoyak terpal tersebut.

Pasangkanlah tali penuntun pada semua anjing jika mereka sedang berada diluar kandang. Jika anjing-anjing sedang berada di taman untuk bermain, atau akan meninggalkan kandang mereka, anjing harus dipasangkan tali penuntun.

Cara lain untuk mengakali pelarian anjing anda adalah dengan memasang beberapa buah pintu dan pagar. Jika seekor anjing berusaha untuk lari dari kandangnya, tetapi pintu lain akan mencegahnya keluar dari bangunan kennel, anjing tersebut tidak akan lari jauh.

Semua pagar harus ditutup dan di grendel setiap waktu. Pagar yang jarang digunakan harus digembok.

Setiap orang yang berada di dalam kennel tersebut harus melihat melalui jendela atau melihat kebelakang sebelum membuka pintu atau pagar kennel untuk memastikan tidak ada anjing ketika mereka membuka pagar. Akan lebih baik jika pintu dibuat membuka kearah dalam (inward door) sehingga anjing yang terlepas tidak dapat mendorong pintu tersebut.

5. Batasi Pengunjung yang Masuk kedalam Kennel
Pengunjung kennel dengan cepat dapat menyebabkan malapetaka. Anjing-anjing menggonggong dan mereka dapat menjadi frustasi dan bereaksi dengan agresif terhadap teman sekandang mereka. Jika tidak diawasi dengan cukup baik, penggunjung dapat membuka pintu kandang dan membiarkan anjing keluar dari kandang mereka.

Pengunjung juga dapat menyebarkan penyakit melalui sepatu mereka, baju dan tangan. Mintalah pengunjung untuk menggunakan pelindung sepatu sekali pakai dan mencuci tangan mereka sebelum memasuki kennel anda. Jangan pernah mengijinkan pengunjung menjelajahi kennel anda sendirian atau meninggalkan pengunjung berada didalam kennel sendiri tanpa diawasi.

6. Pililah Teman Sekandang yang Cocok
Kebanyakan orang yang menitipkan anjingnya didalam kennel untuk berpergian ataupun untuk di show kan menitipkan lebih dari satu anjing didalam sebuah kandang. Dan kebanyakan operator kennel juga melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, anjing memiliki teman dan anjing lain untuk tidur berpelukan dimalam hari. Bagaimanpun juga, kecelakaan dapat terjadi jika anjing-anjing dalam satu kandang tidak akur. Seekor anjing mungkin saja mengganggu anjing yang lain, atau mencuri makanannya, dan perkelahian dapat saja terjadi.

Perkenalkanlah satu anjing dengan anjing lain diluar kandang, kalau bisa di tempat bermain yang luas. Jika anjing-anjing tersebut terlihat akur, letakanlah mereka dalam satu kandang, tetapi awasilah mereka dengan seksama. Jika seekor anjing terlihat ketakutan dan terluka, pisahkanlah mereka. Secara ideal seekor anjing seharusnya memiliki tempat tidur untuk dirinya sendiri.

7. Memelihara Kennel dengan Teratur
Menghindari cedera pada anjing dan manusia dengan merawat kennel, termasuk perawatan bangunan, kandang anjing bagian dalam (indoor) dan kandang anjing bagian luar (outdoor), lapangan di luar dan perabotan yang terdapat didalam bangunan tersebut.

Buatlah jadwal sehingga inspeksi-inspeksi dan tugas-tugas tidak lalai dikerjakan. Setiap tahunnya, periksalah atap kennel, jendela-jendela dan sekat-sekat, dan perbaikilah jika diperlukan. Dalam minggu pertama setiap kuarter, perhatikan seluruh peralatan dan lakukan perawatan rutin, termasuk membersihkan selang dan alat pengering dari benang-benang atau bulu bulu anjing.

Lakukanlah inspeksi pada pagar, gerbang dan grendel setiap harinya. Hanya dibutuhkan beberapa waktu untuk seekor anjing untuk mencakar atau menggigit pagar dan menarik kawat yang lepas yang dapat melukai anjing tersebut atau seseorang yang memasuki / melewati kandang tersebut.

8. Pastikan Alat Pemadam Kebakaran Tersedia
Milikilah beberapa alat pemadam kebakaran yang mudah dijangkau dengan tangan, dan pastikan setiap orang yang bekerja di kennel tersebut tahu dimana letak setiap alat pemadam kebakaran.

Bahkan jika kandang anjing anda terbuat dari potongan beton yang tebal, dengan dinding yang terbuat dari beton juga dan pagar kawat, jangan beramsumsi anda tidak akan membutuhkan alat pemadam kebakaran. Barang dan perabotan yang terdapat didalam bangunan kennel (lemari, handuk, peralatan dan sampah) dapat terbakar meskipun bangunannya tidak terbakar.

Tanyalah petugas pemadam kebakaran didaerah anda untuk mengunjungi kennel anda sekali dalam beberapa bulan untuk memastikan dan memeriksa bahwa alat pemadam kebakaran milik anda terisi penuh dan dapat digunakan dengan baik. Kebanyakan departemen pemadam kebakaran akan memberikan demo secara gratis tata cara penggunaan alat pemadam kebakaran dengan benar.

9. Hentikan Perkelahian dalam Kandang
Seekor anjing yang berlari bolak-balik, menggonggong anjing di kandang lain beresiko melukai telapak kakinya, merusak kukunya dan merusak giginya karena menggigiti pagar kawat. Jika anjing-anjing tersebut tertahan didalam kandangnya masing-masing, mereka dapat melukai diri mereka sendiri.

“Perkelahian di dalam kandang tidak boleh dibiarkan.” Kata Hanson. “Kandang anjing dalam (indoor) kami didesain agar satu anjing dengan anjing lainnya tidak dapat saling melihat. Meskipun anjing tersebut dapat melihat anjing lainnya diluar kandang mereka, ada tembok beton berukuran selutut diantara kandang anjing mereka masing-masing.” Beberapa anjing yang sering berkelahi didalam kandang biasanya kami pisahkan atau ditaruh di ruangan khusus, dimana kandangnya tidak dapat melihat keluar.

Membuat Prioritas Keselamatan
Kepuasan merupakan hal yang mudah; perubahan merupakan hal yang sulit, bagaimanapun juga memprioritaskan keselamatan dapat menghindari potensi-potensi yang berbahaya terhadap anjing, orang-orang dan kennel anda. Anda tidak harus membuat banyak perubahan sekaligus. Prioritaskanlah mereka. Bersihkanlah pengering setiap harinya. Tambahlah sebuah alat pemadam kebakaran dan pastikan anda tahu bagaimana cara menggunakannya. Lalu secara bertahap mulailah merubah hal-hal yang lebih besar.

 

sumber: anjingkita.com

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s