Jenis-Jenis Anjing di Dunia

di Dunia ini terdapat kurang lebih 68 jenis anjing ras yang populasinya bisa dibilang masih tetap stabil karena masih banyaknya masyarakat di Dunia yang peduli ataupun gemar dalam memelihara anjing😀

Apa saja jenis-jenis anjing di dunia ini? berikut Admin mulai dari alfabet A:

A.

1. Affenpinscher

Affenpinscher adalah salah satu ras anjing mainan (toy breed) tertua yang berasal dari Jerman pada tahun 1600-an. Dulunya, anjing ini dimanfaatkan untuk berburu rodensia di lahan pertanian dan di rumah penduduk. Anjing ini memiliki bulu berwarna hitam, abu-abu, silver, krem, hitam-coklat, atau merah.Affenpinscher dapat memiliki tinggi badan 23-30 cm dan berat 3-3,5 kg. Beberapa ciri fisik dari anjing ini adalah moncong tumpul, telinga simetris (dipotong atau tidak dipotong dan dapat tegak ke atas atau terlipat ke bawah), serta bulu kasar dan lebat. Bulu Affenpinscher memiliki panjang ± 1 inci dan pada bagian ekor serta bokong cenderung lebih pendek. Pada bagian leher, perut, dada, kepala, dan kaki terdapat bulu yang lebih lebat dibandingkan permukaan tubuh lainnya.

2. Afghan Hound

Afghan Hound adalah salah satu jenis anjing pemburu dari Afganistan yang mengandalkan kecepatan dan penglihatan. Di dalam sejarah, anjing ini dipercaya telah ada sejak zaman Mesir kuno dan lukisannya ditemukan di dalam suatu gua di Afganistan sekitar 4000 tahun yang lalu. Dulunya anjing ini dimanfaatkan sebagai anjing gembala dan pemburu hewan, seperti macan tutul (leopard), marmut, dan serigala. Namun, ketika disebarkan di Negara Barat pada abad ke-19,Afghan Hound menjadi binatang peliharaan mewah dan sering disebut sebagai “raja anjing”. Ciri-ciri fisik dari anjing ini adalah tulang panggul menonjol, bertubuh tinggi dan ramping, kepala panjang, bulu di sekitar kepala (jambul) panjang dan halus, serta mata gelap oval. Umumnya, anjing ini dapat hidup berdampingan dengan baik bersama hewan peliharaan lainnya.

3. Akita Inu

Akita Inu (秋田犬?, anjing akita) adalah salah satu dari anjing trah Jepang. Nama resmi jenis anjing ini adalah Akita Inu. Di luar tempat asalnya di Prefektur Akita, anjing berukuran besar ini disebut Akita Ken (juga berarti anjing akita). Jenis anjing ini tidak sama dengan American Akita.

4. Alsatian Amerika

Alsatian Shepalute atau Alsatian Amerika adalah salah satu anjing peliharaan yang berukuran besar dan berasal dari Amerika. Ras anjing ini mulai dikembangbiakkan pada tahun 1967 oleh Lois Elaine Denny. Anjing ini dapat hidup hingga umur 12-14 tahun. Ciri-ciri fisik dari anjing ini adalah mata berbentuk oval dengan warna coklat sampai kuning terang, telinga tegak, ekor hitam dengan posisi menggantung, kepala dan pinggul lebar, dan moncong berwarna gelap. Tulang pada bagian kaki Alsatian Shepalute berukuran besar dan bulat dengan jari kaki sedikit terentang. Masalah kesehatan yang dapat dialami anjing jenis ini adalah serangan epilepsi dan artritis. Umumnya, anjing ini memiliki sifat yang tenang, cerdas, dapat belajar dengan cepat, dan dapat merespon suara yang sangat halus sekalipun.

5. Anjing Basset

Anjing Basset adalah salah satu ras anjing yang paling mudah dikenali di dunia karena kakinya yang pendek dan ekspresi mukanya yang tampak sedih. Anjing ini berasal dari Perancis dan merupakan turunan dari ras Saint Hubert Hound. Perkembangan anjing ini juga dipengaruhi oleh orang-orang Inggris yang melakukan persilangan hingga inseminasi buatan untuk mendapatkan ras anjing Basset Hound yang lebih besar, lebih sehat, dan terdiri dari tiga warna. Basset Hound dikenal sebagai salah satu anjing yang paling fotogenik di dunia dan telah digunakan dalam beberapa produksi tayangan TV. Anjing ini memanfaatkan indra penciumannya yang tajam untuk berburu hewan lain, seperti kelinci. Basset Hound memiliki kepribadian yang mandiri, sensitif, loyal, senang dengan anak kecil, kaku, dan kadang-kadang keras kepala. Secara alami, anjing ini menghasilkan bau badan dan minyak yang lebih banyak dibandingkan anjing-anjing lainnya sehingga perlu dilakukan perawatan dan pembersihan agar tubuh anjing tersebut tidak menimbulkan bau tak sedap dan kerontokan bulu. Basset Hound rentan terserang penyakit kulit karena tubuhnya yang berlipat-lipat dan lembab.

 

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s