Cara Memotong Kuku Anjing

Memotong kuku anjing merupakan hal yang sangat menyenangkan jika si anjing dapat berbaring atau duduk dengan manis tapi sebagian besar anjing sangat tidak menyukai kukunya dipotong terutama anjing yang pernah mengalami kesakitan atau pendarahan pada saat kukunya dipotong. Ada anjing yang hanya menarik kakinya atau berontak pada saat kukunya ingin dipotong tapi ada juga anjing yang akan menggigit begitu kukunya akan dipotong.
Ada baiknya kita melatih anjing sedini mungkin agar anjing tidak sulit untuk dipotong kukunya. Memotong kuku adalah kegiatan rutin seumur anjing itu hidup. Pastinya anda tidak mau mengalami kesulitan setiap kali ingin memotong kuku anjing anda. Kuku anjing mulai dipotong sejak usianya mencapai 1 minggu, pemotongan kuku pada usia 1 minggu untuk menghindarkan bayi anjing melukai area sekitar puting susu induk pada saat bayi anjing sedang menyusui. Biasakan memegang kuku anakan anjing setiap hari, jika perlu sambil berpura-pura sedang memotong kuku dengan gunting kuku. Hal ini agar anjing terbiasa sehingga anda tidak mengalami kesulitan dikemudian hari. Berikan pujian atau makanan ringan kesukaannya setelah selesai acara pemotongan kuku. Belai/usap diarea tengkuk atau dibawah telinga selama proses pemotongan kuku sambil diberi pujian agar anjing merasa tenang dan senang.

Jenis Gunting Kuku

Dipasaran ada beberapa jenis gunting kuku untuk anjing. Intinya, semuanya sama saja tergantung selera atau kebiasaan anda saja.

A. Biasanya digunakan untuk memotong kuku anakan anjing dibawah usia 2 bulan.

B. Model tang berlubang, digunakan untuk memotong kuku anjing yang tidak berontak atau menggigit. Sulit untuk digunakan pada anjing tidak suka dipotong kukunya karena sulit untuk memasukan kuku pada lubang pemotongan pada saat anjing bergerak. Sulit digunakan pada saat memotong kuku samping/jempol/dewclaw.

C. Model gunting, lebih mudah digunakan karena tidak perlu memasukan kuku pada lubang pemotongan seperti gunting kuku model B. Lebih mudah digunakan pada saat memotong kuku samping/jempol/dewclaw.

Bagian kuku yang digunting:

Anda harus mengetahui bagian mana dari kuku yang harus digunting. Pendarahan terjadi jika pembuluh darah dikuku atau biasa disebut dengan β€œkwik” ikut terpotong. Sisakan kuku sekitar 2 mm setelah pembuluh darah. Pembuluh darah akan ikut bertambah panjang sejalan dengan pertumbuhan kuku. Jika kuku anjing terlalu panjang maka pemotongan kuku tidak bisa sekaligus karena pembuluh darah dikuku pasti akan terpotong dan mengakibatkan pendarahan. Jika pembuluh darah bisa mengikuti panjangnya kuku berarti pembuluh darah juga bisa ikut mundur seiring dengan terpotongnya kuku. Untuk kuku yang sudah terlalu panjang sebaiknya dipotong secara bertahap setiap hari.

Untuk kuku yang berwarna putih atau terlihat pembuluh darahnya memang lebih mudah untuk mengetahui posisi pembuluh darah agar tidak terpotong tapi bagaimana jika kuku anjing berwarna hitam sehingga pembuluh darah tidak terlihat?.

A. Potong kuku pada bagian teratas dari posisi kuku yang menurun. Posisi ini paling aman untuk terhindar dari pembuluh darah terpotong.

B. Nomer 1 adalah bagian bawah kuku dan nomer 2 adalah bagian atas kuku.

C. Jika bagian atas kuku (nomer 2) sudah terlihat putih maka pemotongan kuku sudah harus dihentikan karena itu adalah batas akhir antara kuku dengan pembuluh darah.

Anda juga dapat mengetahui batas akhir antara kuku dan pembuluh darah dengan menekan menggunakan kuku anda pada bagian nomer 2. Jika anjing merasa kesakitan berarti batas tersebut sudah tipis atau sudah dekat.

Posisi Memotong Kuku Pada Anjing Trah Kecil

Untuk anjing trah kecil lebih mudah mengarahkan anjing agar mudah dipotong kukunta dan kalaupun anjing berontak karena tidak suka dipotong kukunya anda dapat menggendongnya.Yang perlu diperhatikan adalah penempatan gunting pada kuku karena jemari anjing kecil ukurannya juga kecil.

A. Anda dapat menggendong anjing pada saat pemotongan kuku. Anjing kecil biasanya takut pada ketinggian sehingga akan lebih berkonsentrasi pada ketinggian ketika pemotongan kuku. Jika anjing tetap berontak sebaiknya jangan dilakukan didalam rumah atau diarea tempat dia tinggal, cari area atau keluar rumah sehingga anjing merasa asing.

B & C. Bawa anjing ketempat yang jarang atau belum pernah dia kunjungi supaya memudahkan pemotongan kuku. Ditempat yang asing atau baru, anjing cenderung duduk atau berbaring. Pemotongan kuku harus berjalan cepat sebelum anjing beradaptasi ditempat yang baru.

Posisi Memotong Kuku Pada Anjing Trah Medium – Besar

Untuk anjing trah medium sampai besar sebaiknya anjing diposisikan diatas meja agar anjing lebih sulit untuk kabur dari anda dan anjing cenderung berkonsentrasi ditempat yang lebih tinggi agar tidak terjatuh sehingga konsentrasinya lebih kearah keseimbangan tubuhnya daripada ke kukunya.

A. Anjing dibaringkan, bagian kepala ditahan oleh tangan kiri anda sambil memegang kaki yang akan dipotong kukunya.

B. Untuk memotong kuku dikaki sebelah kiri sebaiknya anjing diposisikan miring. Mungkin anda memerlukan bantuan seseorang untuk memegang posisi belakang tubuh anjing sambil mengelus-elus bagian tubuh sekitar leher agar anjing dapat lebih tenang.

Jika anjing terlalu besar dan tidak mau berbaring, anda dapat meminta bantuan seseorang untuk memegang bagian kepala sampil mengelus bagiang bawah kepala agar anjing bisa tenang.

Bagaimana Jika Pembuluh Darah Terpotong?

Pertama, jangan khawatir karena pembuluh darah tersebut cepat menutup. Tanpa diberi obatpun, pendarahan akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 5 menit.

Dipasaran sudah banyak dijual obat penghenti pendarahan, ada yang berupa serbuk dan ada juga yang berupa kertas kapas dengan cairan obat penghenti pendarahan. Jika anda tidak sempat membeli, anda dapat menggunakan abu rokok atau bubuk kopi untuk ditempel pada kuku yang berdarah sambil ditekan dengan jari anda. Jadi, pendarahan pada kuku mudah dihentikan walaupun tanpa bantuan obat-obatan. Gunakan jari anda atau bisa juga dengan menggunakan kapas untuk menekan bagian kuku yang mengeluarkan darah selama kurang lebih 5 menit. Jangan menggunakan kertas tisu karena kertas ini dapat menyerap cairan sehingga pendarahan susah dihentikan.

Potong Kuku Tanpa Gunting Kuku

Jika anda malas memotong kuku anjing secara berkala tapi tetap ingin kuku anjing anda selalu pendek, ajak anjing anda bermain atau berlari dijalanan beraspal atau yang permukaannya keras dan kasar sehingga kuku terus terkikir secara otomatis. Ajak anjing anda bermain bola, ketika anjing mengejar bola maka kakinya akan menekan lebih kuat ke permukaan aspal.

Catatan :

  • Kuku anjing akan lebih mudah panjang jika anjing dipelihara dikandang dengan alas jeruji karena posisi kuku selalu dalam keadaan menggantung atau tidak ada tekanan sehingga memudahkan kuku untuk tumbuh.
  • Kuku yang baru dipotong akan terasa tajam dalam beberapa hari.Anda dapat menggunakan kikir atau amplas halus untuk menumpulkan kuku yang baru dipotong agar tidak tajam.
  • Kuku jempol atau dewclaw yang tidak dipotong dapat menusuk/melukai kaki karena kuku tersebut tumbuh melengkung seperti clurit.
  • Kuku jempol atau dewclaw yang tumbuh panjang dapat melukai bola mata pada saat anjing sedang menggaruk bagian wajah. Selin melukai tubuh sendiri, kuku tersebut juga dapat melukai atau merusak pakaian anda pada saat anjing bermain dengan anda.
  • Kuku jempol atau dewclaw dapat dibuang dengan cara operasi ringan tanpa jahitan pada saat anjing berusia 5 hari. Setelah diatas 2 minggu, pembuangan kuku ini harus melalui operasi ringan dengan biusan lokal dan memerlukan beberapa jahitan. Pembuangan kuku jempol harus dilakukan sebersih mungkin (sampai kepangkal jari jempol) karena jika tidak maka akan tumbuh kembali. Dibeberapa trah atau karena kelainan genetik, kuku jempol ini tumbuh juga disalah satu atau kedua kaki belakang.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s