20 Ekor Anjing Heroik yang Pernah Ada

Jika anda berpikir, sahabat terbaik manusia hanya menyelamatkan nyawa manusia di dalam film saja, maka anda harus berpikir ulang. Ada anjing-anjing yang bernafas diluar sana, yang diposisikan di garis depan setiap harinya sehingga kita sebagai manusia dapat hidup dengan damai. Oleh karena itu, marilah kita memberikan penghargaan yang seharusnya mereka dapatkan, setidaknya dikenal, 20 Anjing heroik yang ada di Bumi dan mungkin masih banyak lagi anjing-anjing yang sudah melakukan pekerjaan heroik untuk manusia.

1. Gina Anjing Militer yang Pulang Kerumah.
Stress dapat menghinggapi siapa saja termasuk anjing kita sekalipun. Gina dilatih untuk mencium bau bom, ia telah bekerja dengan Angkatan Udara sebagai seekor anjing pencium di Iraq. Gina bekerja setiap harinya, dalam situasi yang sangat berbahaya, bahkan personel militer yang sudah dilatih dengan baik pun tidak berani untuk berada disana. Gina harus pulang kerumah karena didiagnosa dengan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Gina telah sembuh sekarang, dan kemungkinan akan kembali ke Iraq untuk melanjutkan tugasnya jika dokter hewan memberikan ijin.

2. Buddy – Anjing yang memimpin Pasukan Kavleri.
Buddy merupakan salah satu anjing normal yang memiliki kesempatan ketika kondisi  memintanya. Buddy tidak terlatih dan dikenal sebagai anjing pemalu tetapi ketika sebuah ledakkan melukai majikannya, Ben Heinrichs, Buddy pergi mencari pertolongan ketika Ben memberi perintah tersebut. Tim pencari tidak dapat menemukan Ben karena GPS mereka tidak bekerja, sehingga ketika Buddy melihat mereka, Buddy membawa mereka kepada majikannya yang sedang terluka.

3. Baby –  Pit Bull, pahlawan yang menyelamatkan tuannya.
Baby, seekor pit bull yang berusia 4 tahun, menyelamatkan majikkannya ketika apartemen mereka terbakar. Johanna, pemiliknya, sedang tertidur ketika apartemen mereka terbakar dan Johanna tidak terbangun karena asap dan panas. Baby melompat keatas tempat tidurnya dan terus menerus memukul wajah Johanna dengan cakarnya hingga Johanna terbangun. Mereka kemudian keluar dari ruangan tersebut dan mereka selamat. Petugas pemadam kebakaran mengatakan bahwa jika mereka tidak keluar dalam waktu semenit atau lebih, mereka tidak akan mungkin keluar dalam keadaan hidup.

4. Blue – Mencium Pembunuhan Berantai.

Blue merupakan anjing polisi yang dilatih dengan sangat baik untuk mencium bau tubuh yang telah membusuk, korban dari pembunuhan. Dengan bantuannya polisi menemukan lebih banyak lagi mayat-mayat lain dan mengkaitkan kasus ini sebagai pelaku pembunuhan berantai yang membuang mayat-mayat ke jalan. Polisi sekarang tahu bahwa ada pembunuh berantai diluar sana dan FBI telah dipanggil untuk menginvestigasi kasus ini.

5. Bandit – Anjing yang menyelamatkan majikannya dari asap beracun.
Bandit merupakan anjing baru bagi keluarga DeStefanis. Mereka telah memiliki seekor Shar Pei dan seekor kucing yang selalu bertengkar sepanjang waktu sehingga mereka memutuskan untuk memisahkan kedua hewan peliharaan mereka dan memelihara Bandit di dalam kamar. Mereka semua pergi tidur dan melupakan bahwa ada sebuah sisir yang sedang di sterilisasi tertinggal di dalam microwave. Setelah sisir yang terbuat dari plastic tersebut mulai meleleh dan terbakar, Asap hitam beracun memenuhi rumah mereka, tetapi alarm yang berasal dari pendetektor asap tidak berbunyi meski baru dibeli. Satu keluarga itu tertidur pulas dan kemungkinan tidak akan pernah bangun jika tidak dikarenakan oleh anjing baru mereka. Bandit melompat dan melompat diatas dada majikannya hingga ia terbangun. Ia menyadari asap tersebut dan kemudian membangunkan suami berserta anaknya, kemudian mereka lari keluar dari rumah tersebut.

6. Target – Memberhentikan Pelaku Bom Bunuh Diri di Afghanistan.
Target merupakan salah satu dari tiga anjing yang bermain dengan Prajurit Amerika ketika mereka ditempatkan di perbatasan Afghanistan. Para prajurit akan bermain dengan anjing-anjing liar ini ketika mereka merasa sangat bosan dan mengingat rumah mereka. Suatu hari bagaimanapun juga, ketiga anjing ini terbukti lebih dari sekedar anjing yang mengobati prajurit yang merindukan rumah mereka, ketika ketiga anjing ini menyerang seorang pelaku bom bunuh diri yang mencoba memasuki tenda prajurit. Dalam tenda itu terdapat orang-orang yang kemungkinan akan mati jika tidak karena aksi pahlawan anjing-anjing tersebut. Bom tersebut meledak sebelum ia dapat masuk kedalam tenda dan anjing-anjing tersebut telah menyelamatkan nyawa para prajurit. Kemudian salah satu dari prajurit memohon agar sisa dari anjing-anjing tersebut dibawa pulang ke Amerika bersamanya. Rufus dan Target mendapatkan sambutan bak pahlawan ketika mereka mendarat dan Target bahkan muncul dalam acara Oprah.

7. Barry – Superdog dari Switzerland.
Barry merupakan anjing yang melegenda, berasal dari Swiss. Anjing trah St. Bernard itu dilatih oleh para biarawan untuk membantu mereka dalam menyelamatkan orang-orang yang hilang di Pegunungan Alpen, selama masa kerjanya, anjing ini tercatat telah menyelamatkan sekitar 40 orang. Penyelamatan yang terkenalnya adalah ketika ia menemukan seorang anak kecil terjebak di salju. Ia menjilati anak tersebut untuk menghangatkannya dan terus menerus menggonggong untuk memberi tanda kepada biarawan dimana lokasi mereka. Ketika para biarawan tidak mampu mencapai mereka dikarenakan salju, anak laki-laki itu melingkarkan tangannya di tubuh Barry dan anjing tersebut menggendongnya hingga mereka selamat. Barry pensiun dari karirnya di tahun 1812 dan dirawat oleh salah seorang biarawan.

8. Hachiko, Sahabat Terbaik Manusia.
Jika anda pernah merasa ragu, mengapa anjing dikatakan merupakan sahabat terbaik dan paling setia terhadap manusia, maka kisah Hachiko akan mengingatkan anda mengapa. Hachiko merupakan anjing yang dimiliki oleh professor yang mengajar pada sebuah Universitas di Jepang. Hachiko membentuk sebuah kebiasaan untuk selalu menunggu di stasiun kereta api setelah majikannya selesai bekerja dan mereka akan berjalan pulang kerumah bersama. Suatu hari, professor tidak tiba di stasium tersebut karena ia telah meninggal di Universitas. Hachiko kemudian dihibahkan ke pemilik yang lain, tetapi sering sekali menyelinap pergi dan kembali kerumah lamanya. Ketika ia menyadari bahwa professor tidak lagi pulang kerumahnya, Hachiko kembali ke rutinitas lamanya yaitu menunggu professor di stasiun kereta tersebut. Hachiko mendapatkan popularitas karena kesetiaannya dan orang-orang yang melewati stasiun tersebut selalu memberinya makanan dan cemilan ketika Hachiko berada disana. Sebuah patung Hachiko dibuat untuk mengenangnya dan bahkan cerita Hachiko ini telah diangkat menjadi sebuah film.

9. Chips, si Anjing Perang.
Chips merupakan seekor anjing hasil hibahan untuk militer agar dapat membantu usaha mereka dalam peperangan. Chips ditugaskan sebagai pelindung tank dan turun ke medan perang seperti prajurit lainnya. Pada suatu waktu Chips menarik sebuah radio melewati lintasan berapi sehingga regu mereka dapat menghubungi markas besar dan meminta bala bantuan. Tindakan yang paling berani yang pernah Chips lakukan adalah ketika anggotanya diserang oleh musuh yang bersembunyi di sebuah gardu pertahanan yang tidak dapat dilacak. Chips langsung berlari kearah musuh dan menyerang mereka yang berada didalam gardu pertahanan sehingga mereka keluar dan menyerah dengan Chips berada di belakang mereka. Pada malam yang sama, Chips juga memberi tanda pada anggotanya untuk mendekati musuh yang mana menghasilkan penangkapan musuh yang cepat. Chips dianugerahi Silver star dan sebuah Purple heart untuk semua yang telah dicapainya dan Chips merupakan anjing terakhir yang menerima penghargaan seperti itu.

10. Owney, Anjing Pengantar Surat.
Owney merupakan seekor anjing liar yang diadopsi oleh pekerja kantor pos di New York. Owney menyukai bau dari tas surat sehingga ia akan mengikuti mereka bahkan dengan kereta api sekalipun hingga mencapai tujuan mereka. Cabang di New York memberikan Owney sebuah kalung leher untuk dikenakan sehingga orang-orang tahu siapa Owney jika suatu saat ia tersesat. Cabang lain yang Owney kunjungi juga melakukan hal yang sama dan memberinya medali dengan nama cabang tertera di medali tersebut. Owney menjadi maskot dari kantor pos secara tidak langsung. Sayang sekali Owney harus mati ketika seorang polisi menembakinya karena Owney menggigit seorang pekerja yang menganiayanya. Medali milik Owney dapat ditemukan di Postal Museum di DC.

11. Stubby “Sergeant Stubby”.
Sergeant Stubby merupakan satu-satunya anjing yang dihargai dengan peringkat ini. Stubby diseludupkan kedalam perang oleh majikannya dan menjadi salah satu dari banyak anjing-anjing yang membantu usaha perang. Stubby kemudian dikenal dalam usahanya untuk mendeteksi gas beracun dan pasukan meriam. Stubby juga membantu dan mencari prajurit-prajurit yang terluka dan bahkan menangkap satu orang mata-mata. Stubby turun dalam 17 pertempuran dan pensiun bersama dengan majikannya. Setelah perang, Sergeant menjadi maskot dari sebuah tim football di Georgetown.

12. Zoey, si Pengendali Ular.
Zoey merupakan seekor Chihuahua manis yang membuktikan kepada semua orang bahwa anda tidak harus berukuran besar untuk menjadi seorang pahlawan. Zoey melompat kedalam bahaya untuk menyelamatkan majikannya yang berusia 1 tahun ketika seekor ular derik muncul dan hampir mematok bayi tersebut. Zoey menderita beberapa gigitan dan hampir kehilangan satu matanya, tetapi dokter hewan mampu menyelamatkannya dan Zoey sekarang pulih sepenuhnya.

13. Sinbad, Anjing Penjaga Pantai.
Sinbad merupakan seekor anjing pelaut, setia terhadap negaranya. Sinbad dipelihara oleh salah seorang awak kapal dan diberikan tugas sebagai penjaga pantai. Sinbad bekerja selama 11 tahun dan ketika akhirnya waktu untuk mengirimkan kapal tersebut kembali setelah pertempuran yang sangat merusak, Sinbad tinggal sampai menit terakhir dengan semua awak kapalnya. Sinbad pensiun dari pekerjaannya dan hidup dengan nyaman.

14. Balto dan Togo, Anjing Kereta Luncur yang membantu Menghentikan Wabah.
Kedua anjing luncur ini menyelamatkan sebuah kota dari wabah penyakit dengan membawa serum yang dibutuhkan sejauh 1000 km. Anggota Togo merupakan anggota yang kebanyakan membawa serum tersebut selama perjalanan menuju kota. Mereka merupakan anggota yang mengalami perjalanan terberat. Mereka kemudian menyerahkan serum tersebut ke anggota Balto yang membawanya sepertiga dari perjalanan dan tiba lebih cepat dibanding jadwal yang diperkirakan. Balto yang membawa serum tersebut ke kota diberikan penghargaan yang paling banyak. Sekarang mereka berdua memiliki patung untuk mengenang pencapaian mereka di dua museum yang berbeda.

15. Penny menyelamatkan Wanita yang Tenggelam di Sungai.
Penny merupakan seekor Labrador Retriever yang dengan sangat berani menolong wanita yang tidak sadarkan diri yang ditemukan mengambang di sungai. Penny sedang berjalan-jalan dengan pemiliknya ketika mereka melihat sebuah kursi roda kosong dan sebuah tubuh yang mengambang. Pemilik Penny memberikan Penny perintah untuk menjemput, sehingga Penny menyelam kedalam air dan menarik wanita tersebut ke pinggir sungai. Sungai tersebut memiliki arus yang kencang tetapi Penny tetap berjuang hingga ia dapat menyelamatkan wanita yang mengambang tersebut. Mereka kemudian menyadarkan wanita yang pingsan itu dan menelepon 911.

16. Faith, Anjing Berkaki Dua.
Jika anda pernah berpikir bahwa anjing yang berjalan dengan kedua kakinya hanya terjadi di sirkus dan pertunjukkan makan berpikirlah ulang. Faith merupakan seekor anjing yang terlahir dengan tiga kaki dan sisa kaki depannya harus diamputasi karena atrophia ketika ia hanya berumur 7 bulan. Kebanyakan dari anda pasti berpikir bahwa Faith tidak akan mampu hidup dengan normal tetapi ia belajar bagaimana cara berjalan dan melompat dengan kedua kakinya dan sekarang bekerja sebagai seekor anjing terapi untuk mendukung orang-orang yang memiliki masalah.

17. Belle – Anjing yang menelepon 911 untuk Menolong Tuannya.
Belle bukan hanya anjing yang lucu. Belle dilatih untuk menelepon 911 ketika  suatu saat tuannya (Weaver) sedang mengalami bahaya dan menyelamatkan nyawa Weaver. Gula darah Weaver tiba-tiba menurun dengan sangat dratis dan berbahaya hingga ia mengalami kejang-kejang. Pada waktu itu Belle datang dan menelefon 911 dengan menggigit angka 9 (Belle dilatih untuk melakukan hal ini). Dengan indra penyesuaiannya yang tajam ia membantu melacak gula darah Weaver dengan menjilati hidungnya. Jika ia merasa ada sesuatu yang salah, ia akan terus menggonggong dan mencakar untuk memperingatkan tuannya.

18. Dorado – Anjing Pahlawan 11 September.
Dorado merupakan anjing milik Rivera dan membantu majikannya dalam menjalani hidupnya sebagai seorang tuna netra. Rivera bekerja sebagai seorang teknisi computer di World Trade Center sebelum bangunan itu runtuh. Ketika pesawat-pesawat itu menabrak, Rivera tahu bahwa tidak akan mungkin baginya untuk keluar sehingga ia melepaskan kalung Dorado dan membiarkannya lari untuk menyelamatkan diri. Setelah kekacauan itu berlalu Dorado kembali kepada Rivera dengan seseorang dan mereka semua dapat keluar dari gedung itu dengan selamat sebelum gedung itu runtuh sepenuhnya. Rivera memberikan penghargaan untuk kelangsungan hidupnya kepada aksi berani Dorado dan temannya.

19. Cash – Menemukan dan Menjaga Jasad Tuannya.
Cash merupakan anjing setia Jake Baysinger. Jake menghilang selama 6 minggu dan tubuhnya kemudian ditemukan oleh seorang peternak yang melihat Cash berlari bolak balik antara tubuh Jake dan peternak tersebut. Pejabat menyatakan bahwa Jake bunuh diri dan mereka mengatakan bahwa Cash yang telah menjaga tubuh tersebut dari anjing hutan (coyotes). Cash dipulangkan kepada istri dan anak Jake yang masih hidup dan kemudian Cash diberi penghargaan oleh PETA.

20. GreyFriars Bobby – Simbol Kesetiaan di Britania.
Greyfriars Bobby terkenal akan kesetiaannya kepada tuannya. Ketika tuannya meninggal, ia dikubur tanpa batu nisan. Meski begitu anjing tersebut menemukan tempat majikannya dikubur dan menjaganya selama 14 tahun lamanya, meninggalkan tempat tersebut hanya ketika ia merasa lapar. Ketika anjing tersebut mati seorang istri bangsawan membuatkan sebuah air mancur untuk menghormati kesetiannya. Greyfriars Bobby kemudian menjadi sebuah simbol kesetiaan di Britania, karena kesetiaannya menjaga makam majikannya meskipun tuannya telah meninggal.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Cerita GukGuk. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s