Profil Anjing Maltese

Anjing Maltese, seperti dijelaskan oleh seorang Filosofi Yunani, Theophrastus merupakan salah satu dari trah “Melita”, sebuah nama yang sebelumnya digunakan untuk Malta (nama daerah di Mediterania) . Anjing ini dikembangkan di Itali dengan campuran darah Miniature-spaniel dan poodle. Anjing kecil yang bersemangat ini diperkirakan pertama dibawa ke Inggris oleh crusaders (prajurit yang ikut dalam berperang dalam perang salib) dari Mediterania. Jenis ini menjadi terkenal, khususnya di kalangan wanita, yang biasa menggendong mereka dan bahkan tidur bersama mereka. Tapi, bukan hanya dengan wanita, Publius, Gubernur Roma di Malta, menghadiahkan sebuah lukisan dan bahkan menulis puisi tentang anjingnya, Issa. Sekarang ini, Maltese menjadi hewan peliharaan yang diidam-idamkan dan anjing pameran yang sangat terkenal.

Maltese adalah anjing kecil yang cocok untuk dijadikan sahabat. Bulunya yang putih berkilau menjuntai ke bawah. Trah ini tidak memiliki undercoat, dan bulunya tidak boleh bergelombang atau keriting. Bulunya harus berkilau dan panjang kira-kira sepanjang 8.5 inci (22cm). Kupingnya menutup kebawah dan ekornya tertutupi dengan bulu sampai ke belakang. Moncongnya agak sedikit meruncing dan harus sepertiga dari panjang kepala. Hidungnya harus hitam dan nostrilnya terbuka dengan sempurna dan stopnya harus jelas terlihat. Tubuhnya harus sedikit lebih panjang daripada tinggi badannya dengan tulang belakang yang seimbang. Trah ini memiliki tulang yang seimbang dan stabil. Saat berjalan, Maltese yang proposional akan tampak seperti awan putih (bulunya) yang mengambang diatas tanah.

 

 

Masalah Kesehatan

Trah ini mudah terbakar matahari dibagian belahan rambut. Masalah kulit, pernafasan, mata dan gigi. Trah ini juga mungkin agak susah makan karena pencernaannya yang lemah. Mereka bisa demam dan merasa tidak nyaman dalam cuaca yang panas. Maltese sebaiknya dijauhkan dari area yang lembab. Ada baiknya, anda mengajari mereka untuk buang air di atas kertas (paper-train), untuk menghindari pergi ke luar rumah pada saat cuaca buruk.

Anjing jenis ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di apartement atau rumah yang tidak terlalu besar. Mereka sangat aktif dalam ruangan dan tidak bermasalah jika Anda tidak mempunyai pekarangan. Mereka juga menyukai jalan-jalan secara rutin atau hanya sekedar bermain-main di taman dan mereka tetap suka bermain meskipun di usia tua. Anda tidak perlu mengajak mereka sering-sering berolahraga karena mereka tidak terlalu membutuhkannya.

Menyisir dan menyikat harus dilakukan setiap hari, tapi lakukan secara lembut karena bulu mereka sangat halus. Bersihkan mata mereka setiap hari untuk mencegah noda dan bersihkan juga jenggot mereka setelah makan untuk alasan yang sama. Mandikan atau gunakan shampoo kering secara teratur dan sesudahnya pastikan mereka sudah benar-benar kering. Bersihkan kuping mereka dan cabut rambut yang tumbuh didalam kuping mereka. Mata harus diperiksa secara teratur dan bersihkan jika dirasa perlu. Rambut bagian atas biasanya diikat keatas, agar tidak mengganggu penglihatan mereka. Beberapa pemilik maltese biasanya memilih untuk menggunting pendek rambut anjing ini agar lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu saat grooming. Bulu Maltese jarang rontok dan sangat cocok bagi anda,penderita alergi yang ingin memelihara anjing.

Kepala

Ukurannya sedang dan terlihat proposional sesuai dengan ukuran anjingnya. Tengkoraknya sedikit membulat dibagian atas, stopnya sedang. Kupingnya yang turun kebawah terletak agak rendah dan tertutup dengan lebat oleh bulu. Letak matanya tidak terlalu jauh, berwarna sangat hitam dan bulat. Lingkaran matanya memancarkan sinar yang lembut sekaligus ekspresi waspada. Panjang moncongnya sedang. Hidungnya berwarna hitam Giginya harus rata, edge-to edge bite atau scissors bite.

Leher

Panjang leher cukup untuk menyokong kepala.

Tubuh

Kompak (padat, kecil), Tinggi dari withers ke tanah sama dengan panjang dari withers ke pangkal ekor. Tulang bahunya agak sedikit miring. Sikunya terletak dengan baik dan dekat dengan tubuh. Punggungnya sejajar dengan tulang belakang. Tulang iganya terbuka dengan baik. Dadanya cukup dalam, Bagian pinggangnya cukup kuat, dan terletak dengan baik.

Ekor

Ekornya yang panjang dan berbulu terlihat sangat indah dibagian belakang. Ujung ekornya mumbul keatas.

Kaki

Tulang kakinya harus bagus dan kakinya tertutup dengan bulu dengan indah. Kaki depannya lurus, tidak bengkok. Kaki belakangnya kuat dan antara lutut dan pergelangan kakinya membentuk sudut yang baik. Kakinya kecil dan kuat, dengan jari-jari yang berwarna hitam. Bulu yang tidak rata dibagian kaki, sebaiknya di trim agar terlihat lebih rapi.

Bulu dan warna

Trah ini tidak memiliki undercoat. Bulunya panjang, lurus dan berkilau di seluruh bagian tubuh. Rambut bagian atasnya boleh diikat atau dibiarkan begitu saja. Bulunya tidak boleh keriting, atau bertekstur seperti wol. Warnanya putih bersih. Light tan atau warna seperti lemon pada bagian kuping diijinkan, tapi tidak terlalu diinginkan.

Ukuran

Tinggi : Jantan 8-10 inci (21-25 cm), betina 8-9 inci (20-23cm)

Berat : dari 6 ½ – 9 pon (3-4 kg)

Meskipun ini berat yang disyaratkan, tetap kualitas keselurahan juga diperhitungkan.

Usia

Mereka dapat hidup sekitar 15 tahun atau lebih. Bahkan mungkin sampai 18 tahun, tapi Anda harus menjauhkan mereka dari area yang lembab.

Gerakan/Langkah

Maltese bergerak dengan gerakan yang mulus, sangat mudah dan bahkan kadang-kadang terlihat seperti melayang. Jika dilihat dari satu sisi, ia terlihat seperti sedang berjalan cepat, karena ukurannya yang kecil. Saat bergerak kaki depannya bergerak lurus dan terbebas dari gangguan bahu. Kaki belakang bergerak membentuk garis lurus. Cowhocks atau kaki belakang membengkok keluar atau kedalam dianggap kesalahan.

Temperamen

Meskipun ukurannya kecil, Maltese sepertinya tidak pernah takut. Rasa percayanya dan respon penyayangnya menjadi salah satu daya tariknya. Maltese ini jenis anjing yang penuh dengan semangat dan suka bermain. Dia sangat lembut, mencintai, percaya dan mencurahkan seluruh perhatiannya kepada majikannya. Dia juga sangat pintar. Jika Anda melatih dia sebuah trik, seperti sit atau shake hand, dengan cepat dia akan mempelajarinya. Tetapi, jangan lupa untuk memberinya reward yang cukup. Trah ini juga sangat berani dan cepat bereaksi jika mendengar suara-suara yang mencurigakan. Ia sudah menjadi anjing sahabat sejak dahulu, ia sangat mudah untuk dicintai. Ia juga sangat mudah beradaptasi dengan binatang lain. Trah ini sangat suka untuk bermain di luar ruangan dan juga punya kecenderungan untuk melompat ke kubangan atau lumpur. Nah, Jika hal ini sudah terjadi, ia harus segera dimandikan! Jika Anda memiliki anak kecil yang suka iseng terhadap anjing anda, entah itu menarik-narik kupingnya atau ekornya, anda harus berhati-hati. Kadang-kadang trah ini suka tidak sabaran, dan menggigit kecil. Kadang-kadang mereka sangat pemilih dalam hal makanan. Berikan biscuit kecil dan makanan anjing kering kepada mereka untuk menjaga gigi mereka tetap kuat dan sehat. Jangan terlampau protektif terhadap anjing ini, karena mereka bisa menjadi tidak stabil dan bisa cemburu terhadap tamu Anda.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in profil GukGuk and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s