Tingkah laku yang umum pada Anjing

Sebelumnya telah dibahas mengenai agresi pada anjing. Agresi merupakan salah satu tingkah laku yang umum pada anjing. nah sekarang admin akan bahas beberapa tingkah laku umum lainnya pada anjing.

Menggonggong

Menggonggong mungkin merupakan salah satu tingkah laku anjing yang paling kecil ditoleransi oleh manusia, terutama di daerah pinggiran kota. Ada beberapa jenis anjing yang lebih mudah menggonggong dibanding jenis lain. Terrier, misalnya, menggonggong kalau ada provokasi sekecil apapun, sementara Siberian husky jarang menggonggong dan Basenji hanya mengeluarkan bunyi dengan nada tinggi dan rendah. Ini adalah cara keluarga anjing untuk berkomunikasi. Namun dalam beberapa hal anjing menggonggong secara berlebihan dan hal ini dapat mengganggu dan menjadi masalah yang cukup serius.

Terdapat banyak penyebab gonggongan yang sering dilakukan dan penting untuk mengetahui penyebab dari setiap kasus. Nada dan pola gonggongan mungkin dapat membantu kita memahami alasan anjing menggonggong. Beberapa anjing sering menggonggong ketika mendengar suara-suara ribut, kedatangan tamu atau ada orang atau pun anjing yang melewati rumah anda. Anjing yang bertingkah laku seperti ini sebaiknya dialihkan perhatiannya agar tidak terlalu sensitif seperti memberinya tulang atau mainan dan tempat tidur yang hangat.

Biasanya ketika anda akan pergi, anjing anda akan menggonggong segera setelah anda meninggalkan rumah dan terus menggonggong, biasanya dengan nada yang monoton selama anda tidak ada. Hal ini mungkin karena anjing anda merasa gelisah karena berpisah dari anda. Sebaiknya sebelum anda pergi, ajaklah anjing anda berjalan-jalan dan bermain sampai ia kelelahan, pastinya anjing anda akan santai dan tidur selama anda pergi.

Mencegah masalah menggonggong

  • Memberikan pelatihan pada perintah ‘Quiet
  • Biasakan anak anjing atau anjing baru anda untuk bersosialisasi dengan banyak lingkungan dan bunyi-bunyian yang tidak biasa sesering mungkin, dan berikan imbalan untuk sikapnya yang tenang.
  • Mengalihkan perhatiannya dengan memberikan perintah duduk atau berbaring dan beri imbalan makanan.

Tingkah laku merusak

Tingkah laku merusak jauh lebih sering dijumpai pada anjing yang masih muda. Karena anak anjing perlu menggigit-gigit terutama ketika giginya sedang tumbuh hal ini dilakukan untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan gatal. Selain itu anak anjing perlu menggigit-gigit untuk beradaptasi dengan lingkungan, sebagai cara mereka mengenali dan memahami benda-benda dilingkungan mereka

Anjing yang lebih tua atau dewasa juga berkemungkinan melakukan tingkah laku menggigit-gigit. Biasanya hal itu dilakukan untuk bermain atau karena ditinggal sendirian, mungkin karena gelisah akibat berpisah dari anda.

Anak anjing akan dapat amat merusak berbagai benda bila tidak dikendalikan. Marahi anjing anda ketika menggigit sendal atau perabot di rumah anda dengan mengatakan ‘no‘. Katakan dengan suara yang kencang dan tegas, karena anjing memahami apa yang kita ucapkan dengan nada suara kita. Tapi jangan memukul anjing anda karena dapat menimbulkan trauma pada anjing anda. Apabila anak anjing anda menggigiti mainannya sendiri puji dia dengan suara lembut dan halus sambil mengusap-usap kepalanya.

Bila anak anjing anda bandel, gunakan pistol air. Semprot wajah anjing anda dengan pistol air ketika ia sedang menggigiti perabot anda, dan jangan mengucapkan kata-kata apa pun. Paling baik bila anak anjing menghubungkan peristiwa yang tidak menyenangkan dengan benda yang digigitinya, bukan dengan anda.

Mencegah tingkah laku merusak

  • Latihlah anak anjing anda untuk menggigiti mainannya sendiri.
  • Jangan meninggalkan anak anjing anda di tempat yang terdapat perabot yang berharga.

Menggali

Biasanya anjing menggali untuk menguburkan atau menyembunyikan mainan atau tulang, untuk mengeluarkan sesuatu yang mereka cium atau yang telah mereka kuburkan, untuk membuat lubang agar dapat lebih hangat atau hanya untuk bermain. Menggali dapat menyebabkan masalah apabila anjing anda terus menggali-gali dan merusak tanaman kesayangan anda atau membuat terowongan untuk keliar dari rumah.

Mencegah anjing menggali

  • Berikan anjing anda banyak permainan interaktif setiap hari dan banyak kegiatan fisik seperti mengajaknya berlari dan berjalan-jalan keliling komplek rumah anda.
  • Alihkan tingkah laku menggali dengan kegiatan atau permainan lain seperti bermain lempar bola atau frisbee.
  • Berikan tulang ditempat yang tidak mungkin bagi anjing untuk menguburnya.

Membuang kotoran dalam rumah

Tindakan ini biasanya dilakukan oleh anak anjing. Namun hal ini bisa juga terjadi pada anjing dewasa karena beberapa hal, seperti adanya infeksi pada kandung kencing atau usus besar, kegelisahan akibat berpisah dengan anda, untuk menandai wilayah sebagai sikap dominasi terhadap anjing lain yang masuk kedalam rumah.

Bila anda tidak ingin anjing anda buang air atau kotoran didalam rumah, sebaiknya bawalah anjing anda berjalan-jalan ke luar rumah setiap hari. Hal ini selain dapat melatihnya untuk buang air dan kotoran di luar rumah, dapat membantu menghilangkan kebosanan berada di dalam rumah (mengurangi stres) dan dapat membantu anjing anda bersosialisasi dengan lingkungan dan hewan lain.

Anjing jantan dewasa jarang mengeluarkan semua isi kandung kencing sekaligus, sehingga dengan berjalan menempuh jarak yang jauh dapat membantu mendorong mereka untuk mengosongkan kandung kencingnya.

Gelisah akibat berpisah

Gelisah akibat berpisah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tingkah laku yang ditunjukan oleh beberapa anjing ketika sedang ditinggalkan sendiri atau anjing itu berpisah dengan salah satu anggota keluarga tertentu.

Anjing ini biasanya mulai menggonggong segera setelah anda pergi dan terus menggonggong sebelum anda kembali. Anjing ini mungkin akan menggigiti pintu, karpet, tirai, merusak perabot dan juga membuang air dan kotoran didalam rumah.

Mencegah kegelisahan akibat berpisah

  • Biasakan anak anjing anda untuk menghabiskan waktu sendiri.
  • Sosialisasikan anjing anda dengan semua orang, agar ia dapat merasa nyaman dengan orang lain dan bukan hanya dengan anda sebagai pemiliknya.
  • Jangan membuat perpisahan sebagai masalah yang terlalu serius dan jangan ribut secara berlebihan ketika anda kembali.
  • Beri aktivitas fisik yang berat untuk anjing anda sampai ia merasa kelelahan ketika anda meninggalkannya dalam waktu yang lama.

Kelainan obsessive compulsive

Ini adalah tingkah laku yang biasanya normal, namun ditunjukan dalam frekuensi abnormal. Contoh dari tingkah laku ini termasuk menggali, mengejar bayangan, mengejar ekor, menggigit lalat imajiner, berlari sepanjang pagar dan menggigit-gigiti kaki.

Anjing yang menderita OCD ( obsessive compulsive disorder ) biasanya tidak dapat dialihkan perhatiannya dari tingkah laku tersebut. Kalau pun anjing itu berhasil dibujuk, sifatnya hanya sementara saja bahkan dalam jangka waktu yang pendek. Beberapa anjing dapat menjadi agresif kepada siapapun yang mencoba mencegahnya melakukan tingkah laku tersebut.

Dalam kasus yang amat berat, ia mungkin melukai diri sendiri secara fisik. Anjing penggali yang kompulsif mungkin menggali sampai kakinya berdarah dan kukunya patah. Anjing yang menggigit-gigiti dan mengejar ekornya sendiri mungkin dapat menimbulkan luka pada kulit dan dapat menderita infeksi sekunder.

Tampaknya kondisi seperti ini diwariskan, sehingga sebaiknya tidak mengembangbiakan anjing yang memiliki tingkah laku seperti ini. Jenis keturunan yang mempunyai kecenderungan ini termasuk Scottish TerrierBull Terrier (mengejar ekor) dan King Charles Spaniel (Menggigit lalat). Anjing yang menderita OCD ini mempunyai kekurangan senyawa saraf tertentu dalam otak dan memerlukan pengobatan untuk mengalihkan perhatiannya. Biasanya anjing ini memerlukan pengobatan seumur hidupnya.

Melarikan diri

Beberapa anjing terus-menerus berusaha melarikan diri dan pergi berkelana. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan pada pemilik anjing dan berbahaya untuk anjingnya. Bila anda memiliki anjing yang pandai melarikan diri, satu hal yang paling penting untuk dilakukan ialah dengan membuat pagar dengan tinggi minimal 2-3 meter.

Anda perlu meluangkan waktu setiap hari untuk bermain-main dengan anjing anda secara interaktif. Maka kecil kemungkinan anjing anda akan melarikan diri dari rumah anda.

Nah, demikianlah masalah-masalah tingkah laku umum pada anjing. Semoga bermanfaat..🙂

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Info GukGuk, Pengetahuan Anjing and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Tingkah laku yang umum pada Anjing

  1. chelz says:

    Nice info admin
    Dogie ku sering bgt menggong ga jelas
    Ad org lwt,dngr ban mobil pecah,dngr langkah org d luar psti menggong,apa lg rmh ku d pinggir jln slalu deh ribut&ada tetangga aneh suka ngikutin suara gonggongan shiro makin berisik jd ny😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s