Pakaian Pada Anjing: Ya atau Tidak?

Oleh Winny Zhang

Orang-orang sangat menyukai sesuatu yang lucu ataupun imut dan memakaikan pakaian kepada anjing mereka merupakan kepuasaan tersendiri.

Jaket dan sweater merupakan pakaian yang harus dikenakan anjing anda apabila cuaca sedang sangat dingin atau bersalju. Sepatu dan kaos kaki juga merupakan benda wajib bagi seluruh anjing jika cuaca sangat dingin. Terutama jika anda memelihara anjing berbulu pendek (smooth/short hair dog), dan anjing tersebut menggigil kedinginan, maka anda harus memakaikan anjing anda jaket atau sweater.

Dan pada waktu lain, jika anda memiliki anjing berbulu tebal (double coat, long & thick coat) maka jangan memakaian pakaian yang terlalu berlebihan. Terutama jika anjing tersebut selalu berada didalam rumah atau sedang musim panas. Perhatikan tanda-tanda bahwa anjing anda kepanasan. Perhatikan jika anjing anda sudah mengalami kesulitan bernafas karena kepanasan, bagian dalam telinga akan memerah, dan telapak kakinya akan berkeringat atau sedikit basah. Ini merupakan tanda-tanda awal anjing anda mengalami kepanasan. Dinginkan anjing anda secepatnya. Jika anjing anda mulai menunjukkan tanda-tanda bingung atau lemas, hubungi dokter hewan secepatnya, karena kemungkinan besar anjing anda akan terserang heatstroke. Saya pernah melihat beberapa anjing mengalami kepanasan pada sebuah acara kostum. Saya juga pernah melihat seekor anjing mengalami kepanasan dengan lidah terjulur sangat panjang dan terengah-engah disebuah acara perkumpulan anjing, anjing Husky tersebut dipakaikan jaket kulit yang tebal dan sebuah topi. Jangan membuat anjing anda sakit hanya karena anda ingin bersenang-senang.
Ini adalah beberapa tips untuk anda dan anjing anda:

  1. Ketika anda memilihkan pakaian untuk anjing anda, pastikan pakaian tersebut tidak terdiri dari kancing-kancing dan benda lainnya yang dapat terlepas dan dimakan oleh anjing anda. Ketika saya bekerja pada dokter hewan, kami melihat banyak benda asing di dalam perut dan saluran buang anjing yang harus di keluarkan melalui cara operasi.
  2. Jangan memaksa anjing anda hanya karena anda ingin memakaikan pakaian kepada anjing anda. Seharusnya memakaikan baju kepada anjing anda merupakan hal yang menyenangkan dan positif. Hanya saja kita terkadang terlalu terburu-buru dan tidak sabar untuk melihat betapa lucunya mereka. Lakukanlah dengan pelan dan lembut dan ikutilah tips yang diberikan:
  • Pakaian harus berukuran tepat dan nyaman. Jika anjing anda memiliki kesulitan untuk berjalan, maka pakaian tersebut tidak berukuran tepat untuk anjing anda.
  • Beberapa anjing membutuhkan waktu agar terbiasa memakai baju, dikarenakan mereka merasa aneh.
  • Jika anda ingin memakaian baju kepada anjing anda, gunakanlah cemilan dan pujian untuk membuatnya merasa menyenangkan. Jangan terlalu pelit untuk memberikan pujian. Biarkan anjing anda mengendus baju tersebut terlebih dahulu. Kemudian anda dapat meletakkan baju tersebut dibelakang punggungnya. Ulangi hal tersebut berulang ulang dan berikan anjing anda cemilan setiap kali ia melakukan hal yang tepat.
  • Jika anda harus memasukan kepalanya terlebih dahulu, peganglah cemilan dengan tangan lain selagi anda memasukan baju tersebut, dan berikanlah cemilan dan pujian. Lakukan hal ini berulang-ulang. Anda juga dapat menunggu agar ia memasukan kepalanya sendiri untuk mendapatkan cemilan dari anda, ingat jangan pelit untuk memberikan cemilan.

Sepatu merupakan hal yang baik jika anda tinggal di Negara yang memiliki 4 musim dan musim dingin merupakan salah satunya. Sepatu dapat berfungsi untuk melindungi kaki anjing anda dari salju dan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk melelehkan salju. Bahan kimia ini dapat merusak tapak kaki anjing anda. Jika anda tidak tinggal di Negara 4 musim, anda juga dapat memakaikan sepatu pada anjing anda, untuk melindungi kaki anjing anda dari benda tajam dan kemungkinan racun atau pestisida yang terdapat di rerumputan.

Jika anda ingin memakaikan sepatu pada anjing anda, peganglah kaki anjing anda dan masukan pelan-pelan sepatu tersebut ke kaki anjing anda. Jika anda berhasil berikanlah pujian dan cemilan untuknya. Pastikan ukuran sepatu tersebut pas, sehingga tidak menyakitkan untuk dipakai. Pastikan juga kuku anjing anda telah dipotong. Jika anda kesulitan memakaikan sepatu kepada anjing anda, anda dapat memulai dengan memakaikan kaus kaki untuk anjing anda. Lakukan hal ini setiap hari agar anjing anda terbiasa. Sekali lagi, berikan pujian dan cemilan jika anjing anda melakukan hal yang anda inginkan.

Note:

  • Jangan memakaikan pakaian kepada anjing anda apabila anjing anda sudah merasa kepanasan.
  • Pililah pakaian yang solid, tidak memiliki benda-benda yang dapat lepas dan termakan oleh anjing anda, seperti manik-manik, kancing, dll.
  • Pastikan pakaian yang anda pakaikan kepada anjing anda itu nyaman dan tidak membuat anjing anda kesulitan untuk berjalan.
  • Sepatu dan kaus kaki tidak dipakaikan selama 24jam dan 7 hari dalam seminggu.
  • Sepatu dan kaus kaki hanya dipakaikan jika anjing anda akan berjalan-jalan atau anda merasa jalanan tersebut kurang bersih sehingga anda membutuhkan pelindung kaki untuk anjing anda. (anjing juga butuh menggaruk badannya, dengan sepatu & kaus kaki, anjing anda tidak akan dapat menggaruk)

 “Don’t Make Your Dog Suffer, Because You Want to Have Fun”

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s