Ayo Periksa Mulut Anjing Anda Secara Berkala

Perawatan mulut adalah bagian penting dari perawatan anjing. Membersihkan plak dan tar-tar secara rutin mencegah anjing dari bau mulut, infeksi gusi dan gigi tanggal.

Gigi anjing harus senantiasa bersih dan terbebas dari plak dan tar-tar, gusinya harus dalam keadaan berwarna merah muda yang menandakan sehat. Pada anjing yang sudah berumur biasanya terdapat tumpukan kotoran dapat mengendap di bagian bawah gigi dekat gusi. Hal ini bisa mangakibatkankan bau mulut, penyakit mulut dan gusi serta infeksi. Pada akhirnya hal ini dapat menyebabkan tanggalnya gigi pada anjing.

Rutin menyikat gigi dapat mencegah terjadinya penumpukan tar-tar. Gunakanlah sikat gigi khusus anjing atau sikat gigi untuk anak-anak dan pasta gigi khusus anjing. Anda juga dapat memberinya makanan kecil yang dibuat khusus untuk menjaga kebersihan mulut anjing.

Dokter hewan juga dapat membersihkan gigi anjing Anda dari tartar, mengangkat gigi yang goyang dan memoles gigi untuk memperlambat pengendapan kotoran pada gigi. Namun hal ini tidak mudah dilakukan setiap saat karena dokter akan melakukannya dengan cara membius total anjing Anda dan melakukan proses pembersihan gigi tersebut. Jadi akan lebih baik apabila Anda mencegah penumpukan plak dan tartar tersebut dengan cara memberikannya mainan yang dapat digigitnya atau cemilan yang berfungsi sebagai pembersih gigi khusus anjing.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing, Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s