Cara Melatih Anakan Anjing Buang Air Ditempat Yang Benar

Karena memiliki kantung kencing yang kecil dan saluran pencernaan yang belum sempurna maka anakan anjing lebih sering buang air kecil dan besar daripada anjing dewasa. Mereka juga belum tahu caranya menahan buang air kecil dan besar.

Anda harus mengajak anakan anjing anda ketempat yang seharusnya mereka melakukan buang air setelah mereka makan atau minum. Usahakan selalu ditempat yang sama agar mereka mengerti disitulah tempat mereka harus melakukannya. Anakan anjing atau anjing dewasa biasa akan melakukan gerakan pemberitahuan sebelum melakukan buang air. Biasanya mereka akan berputar-putar disatu tempat sambil mengendus (sniffing) tempat yang dituju.

Jangan lupa untuk memberikan pujian jika anjing anda buang air pada tempat yang benar, dengan begitu ia akan melakukannya lagi dilain waktu. Jangan memberikan hukuman yang berlebihan jika ia melakukannya ditempat yang salah.

Berikut 5 langkah untuk melatih anakan anjing buang air ditempat yang benar :

  • Perhatikan tanda-tanda anjing yang ingin buang air seperti melakukan gerakan berputar atau mengendus (sniffing). Jika anda melihat anjing anda melakukan gerakan tersebut segera bawa dia ketempat yang seharusnya.
  • Anakan anjing memiliki kantung kencing yang kecil dan pencernaan yang belum sempurna sehingga akan sering melakukan buang air setelah makan, minum, bermain, atau tidur. Pada malam hari, mereka juga harus buang air kecil setidaknya 3 kali dalam semalam.
  • Hukuman bukan cara yang tepat untuk mengajarkannya buang air ditempat yang benar. Mereka belum mengerti dan mungkin saja mereka menemukan tempat yang mereka sukai untuk melakukn hal itu selagi anda tidak berada disisinya.
  • Puji dia jika melakukan ditempat yang benar.
  • Selalu ajak mereka ditempat yang sama untuk buang air. Cepat atu lambat mereka akan mengingat tempat yang benar untuk buang air dan menagih pujian dari anda.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing, Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s