Cegukan Pada Anjing

Seperti pada manusia, anjing juga mengalami cegukan ketika otot yang mengontrol diafragma tanpa sengaja berkontraksi. Jika anjing anda mengalami cegukan ringan (dalam jangka waktu yang pendek), maka anda tidak perlu khawatir. Kenyataanya, cegukan dapat menjadi keuntungan bagi anjing, karena cegukan membantu anjing untuk melepaskan gas yang ada didalam perut mereka. Cegukan terkadang juga membantu anjing anda meringkan iritasi dalam perut mereka dan membantu anjing anda memperbaiki kerusakan koordinasi yang terjadi antara otot-otot yang mengontrol diafragma. Cegukan lebih sering terjadi pada anak anjing, dan biasanya seiring bertambahnya usia anjing, cegukan tersebut akan hilang. Anjing anda dapat mengalami banyak jenis cegukan, cegukan yang cepat (antara satu cegukan dengan cegukan lainnya) atau cegukan yang lambat (antara satu cegukan dengan cegukan yang lain terdapat jeda yang lama).

Anjing biasanya mengalami cegukan karena mereka makan atau minum terlalu cepat. Ketika anjing anda mengkonsumsi makanan terlalu cepat, anjing anda juga ikut menelan udara, yang menyebabkan cegukan. Cegukan terkadang merupakan sebuah reaksi yang disebabkan oleh makanan yang mengiritasi perut anjing. Jika anjing anda sering mengalami cegukan setelah makan, anda mungkin mau mengganti pola makannya atau mengganti makanan anjing anda untuk melihat, sebab yang jelas dari anjing cegukan tersebut.

Emosi merupakan penyebab lain yang dapat menimbulkan cegukan pada anjing. Stress dan kelelahan dapat membuat anjing anda mengalami cegukan, begitu pula jika anjing anda terlalu gembira. Bagaimanapun juga, kegembiraan umumnya menyebabkan cegukan yang terbalik, yang mana sering disalah artikan dengan cegukan umumnya. Cegukan yang terbalik terjadi ketika anjing anda mengambil nafas dengan tidak disengaja melalui hidung. Anda biasanya menyadari cegukan yang terbalik ini ketika anjing anda sedang berusaha membersihkan lendir dari saluran hidungnya (seolah anjing tersebut berusaha menyedot ingus mereka). Jika anjing anda sering mengalami cegukan, atau cegukan itu menetap, hal tersebut dapat mengindikasikan masalah yang lebih serius, seperti asma, pneumonia, pericarditis, stroke atau hypothermia. Merupakan hal yang penting untuk mengunjungi dokter hewan jika cegukan tersebut bersifat akut.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s