Jenis Sisir Untuk Anjing

Banyak sekali sisir atau alat untuk menyisir bulu anjing yang dapat kita lihat di petshop-petshop sekitar. Pernakah terbesit dipemikiran atau perasaan anda, begitu banyak jenis sisir, apakah akan digunakan semua pada seekor anjing anda dirumah?.

Berikut adalah jenis-jenis sisir dan kegunaannya.

 

1. Slicker Brush
Slicker Brush merupakan alat yang di desain untuk menuntaskan bulu kusut, dan juga untuk mencabut bulu yang mati dan dengan lembut menstimulasi kulit, membuang kulit mati dan menghasilkan sirkulasi yang sehat. Banyak orang menggunakan slicker brush pada akhir penyisiran karena menambah kilap pada bulu anjing. Beberapa jenis hewan menyukai sensasi yang ditimbulkan slicker brush ini, sepert sensasi cakaran.

2. Pin Tail Comb
Pin tail comb digunakan untuk menyisir wajah anjing yang membutuhkan top knot dan juga untuk membelah garis tengah di punggung atau untuk membelah rambut menjadi beberapa bagian maupun untuk mengikat rambut., contohnya: Yorkshire Terrier, Shih Tzu & Maltese.

3. Pin Brush
Pin brush sangat baik untuk mencabut bulu mati pada anjing atau bulu anjing akan rontok pada perabotan, lantai dan bahkan baju pemiliknya. Pin brush juga sangat efektif untuk mengurai rambut yang kusut yang dapat ditemukan pada kebanyakan anjing yang memiliki bulu yang panjang. Banyak orang lebih memilih pin brush untuk menyisir bulu yang basah dibanding bristle brush, tooth-comb atau slicker brush yang dapat mengakibatkan pecahnya rambut, dikarenakan rambut menjadi rentan terhadap kerusakan pada saat basah.

4. Bristle Brush
Bristle brush pada umumnya digunakan sebagai sisir terakhir, setelah semua sisir telah digunakan. Bristle brush digunakan untuk meningkatkan sirkulasi dan menambah kilap pada bulu. Gunakan bristle brush untuk menata rambut yang longgar untuk membuat gaya tertentu pada bulu anjing setelah semua bulu mati dan bulu kusut telah di buang.
Bristle brush juga digunakan pada anjing berbulu pendek (smooth coat) seperti Miniature Pincher, Pitt Bull dan Boxer.

5. Toothed Comb
Toothed Comb merupakan sisir yang memilik gigi yang terdari dari gigi-gigi yang rapat dan juga gigi-gigi yang jarang. Gigi-gigi sisir yang rapat dapat digunakan untuk mengetahui adanya kutu di anjing anda. Sedangkan anda membutuhkan gigi-gigi jarang untuk mengurai bulu yang kusut pada anjing anda. Jadi pergunakanlah toothed comb untuk mencegah adanya bulu kusut.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing, Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s