Profil Anjing Shih Tzu

“Guk! ayo kenalan sama aku😀 “

Perkenalkan, nama kami Shih Tzu, kami berasal dari Asia khususnya Tibet dan China. Dulu kami banyak dipelihara bangsawan dan raja-ratu jaman itu, namun sekarang penyebaran kami telah mendunia mulai dari Asia, Australia, Amerika, Eropa, bahkan Afrika sekalipun. Kami juga dikenal dengan sebutan shih tzu si anjing singa (lion dog) karena penampilan kami yang berambut lebat dan panjang seperti singa. Kami merupakan hasil kawin silang antara beberapa trah pendahulu, diantaranya Pekingese, Lhasa Apso, Chow-chow dan beberapa jenis lain. Sehingga setelah berpuluh-puluh tahun generasi kami mengalami persilangan tersebut, akhirnya kami lahir sebagai trah shih tzu yang murni dan kemudian diakui Kennel Klub secara internasional sejak tahun 1936.

(Disadur dari Shih Tzu book by Julienne Caffort)

Pada dasarnya kami merupakan jenis anjing rumahan yang menemani dan menghibur sang majikan. Kami bukan jenis anjing pemburu, penarik, pekerja, atau petarung. Kami hadir untuk dicintai, dielus, dan dimanja-manja. Kadang kami sedikit menggonggong pada seseorang asing, tapi kami juga akan ramah dengan mereka setelah tahu bahwa mereka tidak menyakiti. Meski kami anjing rumahan, tapi bukan berarti kami bahagia tinggal seharian di apartemen lantai 34 atau dilepas di pekarangan mengejar ayam dan itik setiap saat. Beberapa orang membahagiakan kami dengan menyediakan boks tidur atau tumpukan koran yang sungguh membuat kami nyaman, sesekali mereka membiarkan kami bermain diluar sementara.

Mengenai perawatan, oh ya, tentu saja kami sangat membutuhkannya. Tidak baik membiarkan kami lepas di pelataran seharian, dan juga tidak baik membiarkan anak2 mempermainkam kami setiap saat. Meskipun kami mencintai mereka, namun kami-pun membutuhkan perawatan dari majikan kami. Periode mandi satu minggu sekali akan sangat baik dan kami butuhkan untuk mejaga rambut dan kulit kami tetap bersih dan segar. Sebelum mandi, kami harus disisir baik-baik, dengan teliti jangan biarkan ada rambut kusut atau terjalin-jalin tertinggal. Mandikan kami dengan shampo dan kondisioner yang baik, jangan menggunakan sikat atau menggosok-gosok rambut kami seperti mencuci baju. Mandikan kami dengan elusan-elusan satu arah agar rambut kami tidak kusut. Kemudian kami membutuhkan pengering rambut (blow-dry), tapi…jangan biarkan angin terlalu panas atau dingin. Jika majikan kami tidak mau membiarkan rambut kami terlalu panjang menjuntai, mereka dapat memotong pendek dengan gunting atau clipper. Atau mereka membawa kami pada salon/groomer agar mereka membentuk potongan kami dengan model yang lebih menarik, salah satunya puppy-cuts.

Kami sangat gembira ketika majikan kami mengajak jalan-jalan pagi, atau berpergian dengan kendaraan jika hari tidak terlampau panas. Kami merupakan anjing yang cukup cerdas, kami menyukai sesuatu yang baru, dan kami-pun akan dengan mudah mempelajarinya.

Selayaknya anjing trah lain-nya, kami tidak rewel soal makanan. Akan menjadi awal yang sangat baik jika majikan kami memberi makanan anjing khusus (dog food) kering ditambah air minum segar pada botol yang selalu digantung setiap saat.

Perkembang-biakkan/breeding boleh dilakukan setelah kami berusia 12 bulan, dan sebaiknya dilakukan dengan jenis shih tzu juga. Breeding merupakan kreatifitas pembiak dalam melakukan persilangan yang mengacu pada genetik, kesesuaian, dan garis darah/bloodline kami agar generasi penerus kami lebih baik. Dengan ketekunan, pembiak akan dapat menghasilkan kualitas yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini sangat diperhatikan oleh breeder-breeder spesialis kami.

Standarisasi:

Secara keseluruhan, tubuh kami dipenuhi rambut panjang menjuntai sampai lantai yang mana menunjukan keaslian kami sebagai trah murni. Temperamen kami sedikit arogan namun penuh cinta kasih dan pandai. Ukuran tubuh kami, ideal-nya berkisar antara 23-27 cm disesuaikan dengan tipe masing-masing. Kami memiliki beberapa tipe, tipe Australia yang memiliki badan sedikit lebih panjang dan kaki agak pendek, rambut kami kadang sedikit berombak, Australia memiliki tulang2 yang kasar dan besar sangat ideal untuk menyokong tubuh kami yang rata-rata besar. Sedangkan tipe Amerika, badan kami lebih pendek (terkadang tampak bujur sangkar dari samping), ukuran kami lebih kecil dengan tulang-tulang yang tidak terlampau kasar, tipe rambut kami cenderung lurus dan halus. Tipe Eropa sedikit menyerupai Australia, namun struktur dan ukuran tulang kami lebih besar dan padat. Kami cenderung agak tinggi dengan dada bidang yang sangat anggun.

Mengenai rambut dan warna, pada shih tzu tidak dikenai aturan corak warna. Semua warna diterima, mulai dari solid gold, solid black, solid red, gold-white, red-white, grey-white, black-white ataupun particolor sekalipun tidak akan disalahkan. Namun, kami harus memiliki pigmen warna yang benar, pada hidung dan lingkar mata diwajibkan hitam (tidak kecoklat-coklatan apalagi merah/pink) Rambut kami seharusnya panjang lurus menjuntai sampai lantai, kadang sedikit bergelombang namun tidak keriting. Letak ekor sesuai dengan badan, jatuh tepat di tengah punggung, tinggi namun tidak melingkar. Rambut dikepala seharusnya diikat/topknot ditambah dengan pita akan lebih menarik. Ujung2 rambut yang sudah terlalu panjang di sekitar kaki sabaiknya digunting rapi agar tidak mengganggu.

Struktur kepala kami harus bulat dan lebar dengan mata hitam yang bulat penuh berkesan gelap namun hangat, panjang moncong kami berkisar 2½cm sampai berhenti di depan hidung. Bibir depan kami mengatup rapi, dengan pigmen hitam yang pekat. Susunan giti kami biasa disebut undershoot yakni rahang bawah lebih maju daripada rahang atas, tapi gigi tidak diperkenankan keluar dari bibir ketika mulut mengatup. Jumlah gigi seri atas dan bawah yang tepat adalah masing-masing 6 buah (tidak terhitung taring). Telinga menjuntai kebawah, dipenuhi dengan rambut dan berkesan seperti mahkota. Leher kami harus disesuaikan dengan panjang badan dan ekor. Pembawaan leher yang tinggi berkesan anggun dan menarik.

Struktur badan kami dimulai dengan bahu yang tegak, dan kuat, dan berotot diikuti dengan dada depan yang lebar sehingga proporsi keseluruhannya dapat membiarkan kaki-kaki depan kami bergerak bebas. Kaki depan kami lurus dengan tulang yang besar dan kuat dengan ukuran tapak yang sesuai.

Kaki belakang kami harus kuat dan berotot dengan siku-siku yang baik dan sesuai dengan kaki depan, Saat bergerak, gaya berjalan/movement kami harus diperhatikan. Movement yang baik harus tenang seiring dengan pembawaan kepala dan ekor yang tinggi. Lemparan kaki depan dan belakang harus jauh dan lurus menunjukan kesesuain tubuhnya.

(Disadur dari American Shih Tzu Club Standard dan Canadian Shih Tzu Club Standard)

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in profil GukGuk. Bookmark the permalink.

One Response to Profil Anjing Shih Tzu

  1. waow, douglas ganteng bangettt…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s