Sering Mandi Penyebab Penyakit Kulit Pada Anjing

Seberapa sering memandikan anjing dan bagaimana melakukannya dengan benar merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh penggemar anjing pemula. Banyak yang berpikir jika sering dimandikan anjingnya akan terhindar dari penyakit kulit dan bau. Ternyata, setelah sering dimandikan badan anjing malahan mengeluarkan bau lebih cepat atau menjadi mudah bau, dan terserang penyakit kulit.

Minyak Pada Kulit

Kulit anjing mengeluarkan minyak untuk mempertahankan kulit agar elastis dan menjaga bulu supaya kuat dan tidak mudah patah atau rontok. Bulu anjing akan terasa berminyak jika sudah lama tidak dimandikan. Minyak ini akan hilang ketika kita memandikannya dengan menggunakan bahan deterjen yang ada pada shampoo. Karena sifat minyak menahan kotoran maka kita harus memandikannya secara berkala agar kulit dan bulu anjing kita tidak dekil. Jika kita sering memandikan anjing kita sehingga kulit dan bulunya terbebas dari minyak tersebut maka kulit dan bulu anjing akan menjadi lebih kering. Kulit yang kering menimbulkan efek gatal sehingga anjing akan lebih sering untuk menggaruk. Garukan akan menyebabkan luka yang dapat mengundang masuknya bakteri atau parasit penyebab sakit kulit. Anjing yang menderita penyakit kulit akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Selain itu, ternyata minyak yang dihasilkan oleh kulit anjing ini berfungsi untuk menangkal serangan bakteri atau parasit sehingga anjing tidak mudah terserang penyakit kulit. Minyak ini juga membuat bulu terlihat mengkilap dan tebal.

Produktifitas minyak ini sangat bergantung dari makanan yang dimakan oleh anjing. Untuk daerah tropis seperti Indonesia disarankan untuk menambahkan minyak nabati pada menu makanan .

Shampoo dan conditioner yang diformulakan untuk anjing juga mengandung minyak sintetis atau alami untuk menggantikan sementara minyak yang hilang sewaktu anjing dimandikan. Oleh karena itu pemilihan shampoo dan conditioner yang benar merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh pemilik.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing, Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s