Cara Membaca Bahasa Tubuh Anjing kita

Pernah kepikir gak sih kalo sebenernya anjing kamu itu maw bilang ap sih sama kamu

Well, susah sih yah secara yang kita denger Cuma ‘guk guk guk’…
Disuru apa, disebut namanya, ehh jawabanny cm guk guk…

Tapi jangan salah…ada satu cara supaya kamu bisa lebih mengerti maksud dari anjing kamu. Caranya gimana? Yeap…anjing itu ternyata juga punya bahasa tubuh, kayak kita-kita juga.

Meskipun anjing juga menggunakan suara dan sinyal tertentu, tapi justru banyak dari informasi yang dia berusaha sampein itu dari bahasa tubuh mereka, terutama melalui ekspresi wajah dan postur tubuh mereka.

Dengan mengerti apa yang coba dikatakan oleh anjing kamu bisa memberi kamu banyak informasi, seperti pada saat anjing kamu ketakutan ato nervus gara-gara sesuatu, atau saat anjing kamu marah dan mungkin sedang bersiap menyerang orang. Untuk bisa tahu hal-hal seperti itu, yang kamu perlu tahu adalah cara membaca bahasa tubuh mereka dengan cara melihat wajah dan keseluruhan tubuh mereka.

Nah untuk membantu kamu, disini kita maw kasih pembahasan mengenai delapan bahasa tubuh yang paling penting yang biasanya anjing kamu lakukan.

1. Santai dan Bisa didekati Anjing dengan posisi ini menunjukkan kalo dia sedang santai/tenang. Anjing seperti ini biasanya tidak merasa terancam akan berbagai aktivitas yang terjadi di lingkungan sekitarnya dan biasanya dapat dengan mudah didekati.

2. Waspada-Mengecek Keadaan Sekitar Jika anjing mendeteksi sesuatu yang menarik,atau sesuatu yang asing, bahasa tubuh seperti ini menunjukkan kalau saat ini dia sedang waspada dan memperhatikan keadaan sekitar sembari melakukan analisa apakah ada suatu ancaman atau tindakan yang harus diambil dari keadaan di sekitarnya.

3. Agresif dan Dominan Ini adalah anjing yang sedang menunjukkan dominansinya. Disini ia tidak hanya mengekspresikan dominansinya namun juga mengancam dan akan bertindak agresif bila ia ditantang.

4. Ketakutan dan Agresif Anjing dalam posisi seperti ini sedang ketakutan namun ia belum menyerah dan akan menyerang jika merasa terdesak. Anjing biasanya akan melakukan posisi seperti ini jika ia secara langsung menghadapi seseorang/sesuatu yang akan mengancamnya.

5. Stress dan Sedih Anjing ini sedang mengalami stress baik itu dikarenakan oleh sosial ataupun lingkungannya. Namun sinyal seperti ini biasanya mengungkapkan pemikiran seekor anjing secara umum dan bukanlah ditujukan kepada individu secara spesifik

6. Takut dan Kuatir Anjing ini ketakutan dan memberikan tanda menyerah. Sinyal seperti ini biasanya ditujukan oleh individu yang memiliki status sosial lebih tinggi yang mana bagi si anjing dapat memberikan ancaman baginya. Maka untuk menghindari konflik lebih lanjut ia akan melakukan posisi seperti ini untuk menandakan menyerah.

7. Sangat Takut – Berserah secara total Anjing dalam keadaan seperti ini menunjukkan kalau ia sudah benar-benar menyerah dan pasrah. Ia mencoba mengatakan kalau ia sudah menerima status sosialny yang lebih rendah dengan cara melakukan posisi terlentang seperti gambar diatas dengan harapan individu yang mengancam tersebut tidak akan melakukan konfrontasi lebih lanjut.

8. Sangat gembira Disini kita memiliki undangan untuk bermain dari si anjing. Posisi seperti ini mungkin diikuti dengan gonggongan penuh semangat dan gerakan mondar-mandir. Sinyal seperti ini mungkin digunakan si anjing untuk menandakan kalau apapun tindakan yang mereka lakukan tidaklah dimaksudkan untuk menyakiti ataupun menantang.

Nah lucu kan, jadi ternyata anjing kita punya bahasa tubuh sendiri untuk berkomunikasi dengan kita. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pengetahuan tambahan bagi kita semua untuk lebih memahami anjing peliharaan kita.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s