Mengatasi Anjing Yang Takut Terhadap Petir

takut petir

Jadi apa yang akan anda lakukan dengan anjing yang takut dengan suara dan kilat cahaya petir?. Dengan pendengaran mereka yang sensitif dan kesadaran akan perubahan alam dan tekanan atmosfer,  anjing memiliki alasan untuk menjadi takut.

Anjing di laporkan setidaknya 10 kali lebih sensitif dibanding manusia terhadap listrik statis yang dihasilkan oleh perubahan tekanan. Sebagian dari mereka akan merasa lebih nyaman berada di dalam kandang atau tempat yang dirasa aman oleh mereka.

Anjing anda akan merasa tenang jika anda bersikap tenang. Mainkan musik yang lembut untuk menenangkan anda berdua. Biarkan anjing anda untuk masuk kedalam kandangnya atau tempat kecil lainnya dimana ia dapat merasa aman dan terlindungi. Jangan menghukum anjing anda karena ketakutannya. Sebaliknya, cobalah untuk mengalihkannya dengan bermain dengannya. Tutuplah tirai jendela sehingga ia tidak dapat melihat cahaya dari petir tersebut. Anda juga dapat membantunya dengan menyumpalkan kapas pada lubang telinganya untuk menghambat suara petir.

Anjing yang takut pada badai petir pada umumnya juga takut pada kembang api atau suara petasan. Ketika pertunjukkan sudah dekat, bawa masuk anjing anda dan cobalah beberapa teknik yang tertera diatas.

Anjing yang takut pada petir, sebaiknya diberi pelatihan agar terbiasa terhadap suara-suara yang keras. Jika anjing sudah terbiasa takut terhadap petir hingga dia dewasa maka akan semakin sulit untuk melatihnya.

Jika anda memelihara anjing sejak kecil, misalnya berumur 2 bulan. Biasakan dia untuk mendengar suara-suara yang keras seperti suara lagu, atau bisa juga dengan membawanya ke jalan raya agar mendengar suara klakson mobil. Ada juga yang sengaja membawa anjingnya ke stasiun kereta api agar mendengar suara deru mesin kereta api dan tentu saja klakson kereta api yang cukup keras. Di Indonesia, menjelang Lebaran atau tahun baru biasanya banyak orang membakar petasan atau kembang api, momen ini bisa anda gunakan untuk melatih anjing anda agar dia tidak takut terhadap suara keras.

Satu hal yang penting, pada saat terjadi petir atau ada suara yang keras, sebagai alfa atau pemimpin , anda tidak boleh ikut takut atau cemas karena anjing akan berpikir kalau dia takut maka itu adalah hal yang wajar karena anda sebagai pemimpinnya juga takut. Bersikaplah wajar seperti tidak ada apa-apa maka anjing juga akan merasa aman dan dia tidak akan takut terhadap petir.

Jika hal-hal diatas tidak dapat membantu, periksakanlah anjing anda ke dokter hewan. Dokter hewan dapat meresepkan obat anti cemas atau obat herbal untuk membantu menenangkan anjing anda yang ketakutan.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing, Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s