Pentingnya Ritual Jalan Bersama Anjing Anda

 

Semua anjing, apapun jenisnya,besar dan kecil anjing, membutuhkan kegiatan untuk menyalurkan energinya, salah satu kegiatan yang kita bisa berikan adalah berjalan bersamanya tiap pagi dan sore. Untuk trah besar lebih kurang 40 menit dalam sekali jalannya, karena dengan berjalan otak anjing dapat berkembang. Alaminya anjing adalah hewan berkelompok yang mencari makan sambil bermigrasi bersama setiap harinya, maka dengan berjalan-jalan bersamanya dia dapat menyalurkan tenaganya, dan juga dapat mengajarinya bahwa ANDA ADALAH PEMIMPINNYA!!.

Saat ini banyak cara jalan dengan anjing yang salah yang menyebabkan sang pemilik hanya menjadi pengikut dari si anjing dengan berjalan dibelakangnya sehingga bila dapat berbicara mungkin sehabis jalan-jalan ia akan berkata “terima kasih sudah mengikuti sejauh ini!”.

Berikut ini adalah tips cara untuk membuat jalan-jalan bersama anjing anda menjadi alat untuk membuat anda menjadi pemimpinnya :

1.   Pakaikan tali tuntun hanya saat anjing dalam keadaan tenang (calm submission).

2.   Sebelum berjalan anda harus memastikan anda dalam kondisi mood, suasana hati yang baik, karena anjing dapat merasakan energi anda apakah kuat atau lemah, anjing dan hewan lainnya tidak akan mau mengikuti pemimpin yang lemah. Bila energi anda rasa lemah bisa ikuti trik berikut : bayangkan dipikiran anda adalah seseorang tokoh terkenal yang berkuasa, kuat memiliki jiwa pemimpin yang tinggi (contoh: Julius Caesar, Napoleon, panglima perang, dll), biarkan dipikiran anda menjadi tokoh itu selama berjalan maka anjing anda juga akan merasakan energinya, lalu jalan bersamanya .

3.   Anda harus selalu menjadi yang pertama kali keluar dari pintu rumah baru diikuti oleh anjing anda, jadi bukan anjing anda yang keluar terlebih dahulu baru anda, demikian juga saat anda pulang,suruh anjing tunggu, masuklah terlebih dahulu dan baru diikuti anjing anda,ingat di dunia anjing pemimpin selalu berjalan didepan.

4.   Selama berjalan bersama anjing anda pastikan dia selalu disamping atau belakang anda, bukan berjalan didepan anda, disini poin pentingnya, karena menurut hierarki anjing yang berkelompok yang berjalan didepan adalah pemimpinnya. Ingat,anda yang menentukan akan kemana, kapan belok,dll, bukan anjing anda! .

5.   Selama berjalan jangan pernah biarkan anjing anda mencium-cium jalan, berhenti untuk buang air, mengejar kucing atau jalan kesana sini sendiri, beri koreksi dan pastikan selalu jalan disamping atau belakang anda sampai selesai baru diberikan waktu untuk buang air, bermain/bisa juga berikan waktu untuk buang air dan lain lainnya sebelum berjalan bersama anjing anda.ini dinamakan mode migrasi, dimana dari mulai berjalan sampai pulang kerumah tidak boleh berhenti ditengah-tengah, dapat anda bayangkan bila sekelompok anjing bermigrasi dan tiap anggotanya sibuk sendiri mengejar kucing, mencium tiap pohon yang ditemuinya, buang air, mereka akan sampai ke tujuan mereka dalam waktu yang sangat lama sekali. Lucunya, menurut pengalaman saya biasanya bila diberi waktu untuk itu setelah berjalan-jalan, anjing melakukannya (buang air, bermain-main sendiri) dalam waktu lebih cepat dibanding bila kita membiarkannya melakukan (buang air, bermain-main sendiri) pada saat berjalan-jalan.

Itu adalah cara berjalan dimana kita membuat anjing mengetahui secara natural/alami bahwa kita adalah pemimpinnya, lakukan tiap hari,pagi dan sore, rasakan perubahan yang terjadi pada anjing anda.


About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s