Cara Pemberian Obat Pada Anjing

Oleh Bobby Sant.

Pemberian obat pada anjing peliharaan anda pastinya pernah anda lakukan dalam seumur hidup. Anjing yang tidak sakitpun memerlukan pemberian obat yaitu vitamin atau obat cacing yang harus diberikan secara teratur selama 3 bulan sekali.

Sangat mudah memberikan obat jika anjing memiliki nafsu makan yang sangt tinggi. Anda tinggal menaruh obat tersebut ditempat makan bersama makanannya atau bahkan seperti sedang memberikan snack (makanan ringan) saja anjing dengan mudah menelan obat tanpa mengunyah.

Anjing yang memiliki nafsu makan yang rendah sering menolak obat yang kita berikan walaupun obat tersebut diberi perasa agar anjing menyukainya. Disini akan dibahas tips dan trik bgaimana memberikan obat dengan mudah: dicampur dengan makanan, pemberian obat berbentuk pil dengan paksa, dan pemberian obat berbentuk sirup atau cair dengan cara paksa dengan jenis obat berbentuk pil.

Mencampur Obat Dalam Makanan

Jika anjing memiliki nafsu makan yang tinggi anda tinggal menghancurkan pil obat atau mengaduk sirup obat pada makanannya. Untuk anjing yang nafsu makannya rendah, anda dapat menyisipkan pil obat pada daging mentah atau matang, pecahkan pil obat menjadi beberap bagian jika ukuran pil obat terlampau besar atau untuk memudahkan pemberian. Untuk pemberian obat berbentu sirup/cair sebaiknya dicampur dengan makanan yang memiliki aroma yang tajam seperti dog food kalengan atau anda dapat membuat sendiri dengan campuran daging burger, ham ataupun sosis agar bau obat tidak tercium. Jika rasa obat pahit, anda bisa memberikan tambahan sedikit gula atau madu.

A. Taruh pil ditempat makan anjing. Kondisi tempat makan harus dalam keadaan kering.

B. Dengan menggunakan sendok makan, hancurkan pil sampai berupa serbuk halus.

C. Campur serbuk obat dengan air agar larut.

D. Aduk dengan makanan sampai rata.

Pemberian Obat Pil Secara Paksa

Jika cara diatas merepotkan atau tidak berhasil sebaiknya obat berbentuk pil diberikan secara paksa seperti foto dibawah ini:

1. Pegang mulut anjing dengan kedua tangan,tangan kiri memegang bagian atas sedangkan tangan kanan memegang bagian bawah sambil memegang obat yang akan diberikan. Sisipkan jari diantara rahang anjing agar memudahkan membuka mulut anjing.

2. Tekan bagian tengah rahang atas sambil menarik keatas.

3. Masukan jari jempol anda kedalam mulut dan posisikan didalam rahang sambil menahn agar mulut dalam keadaan terbuka.

4. Anda juga bisa menaruh jari jempol diantara gigi taring dan gigi geraham untuk menahan mulut anjing agar tetap terbuka.

5. Masukan pil kebagian paling dalam mulut anjing dekat kerongkongan dengan cara melempar.

6. Jika cara nomer 5 tidak berhasil, anda dapat menaruh pil didekat kerongkongan dengan cara memasukannya dengan tangan anda. Posisikan pil didekat kerongkongan dan diatas lidah. Setelah obat ditaruh ditempat yang benar segera tutup mulut anjing seperti gambar nomer 1 dan tahan beberapa saat sampai anjing mengeluarkan lidahnya beberapa kali. Jika anjing sudah mengeluarkan lidahnya berarti obat sudah tertelan. Segera berikan minum atau makanan ringan dan perhatikan beberapa saat setelah melepas pegangan, jika obat tidak tertelan atau dimuntahkan maka ulangi kembali cara diatas. Jangan lupa untuk memuji dan membelai anjing begitu anjing selesai minum obat agar anjing tidak stres dan senang diberi obat.

Pemberian Obat Sirup/Cair Secara Paksa

Jika obatnya pahit sebaiknya dicampur dengan madu, gula atau pemanis buatan agar anjing menyukai rasanya dan memudahkan untuk menelannya. Menurut drh.Agus Wardhana dari Surabaya, obat berbentuk sirup sebaiknya diencerkan terlebih dahulu supaya lebih mudah ditelan oleh anjing.

1. Untuk memudahkan pemberian obat dalam bentuk cair sebaiknya anda menggunakan suntikan bekas yang sudah dicopot jarumnya. Jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan pastikan alat suntik bekas sudah bersih. Gunakan alat suntik bekas vaksinasi atau anda dapat meminta alat suntik beks didokter hewan langganan anda. Jika anda tidak memiliki alat suntik, anda dapat menggunakan pipet yang bisa anda dapat ditoko obt atau apotik.

2. Mulut anjing tetap dalam keadaan tertutup, masukan jari jempol tangan kiri anda dibagian paling belakang rahang.

3. Selipkan alat suntik atau pipet yang berisi obat. Ingat, masukan obat perlahan-lahan karena jika terburu-buru atau cepat dapat menyebabkan anjing tersedak. Secara otomatis anjing akan menjilat ketika obat dimasukan secara perlahan, untuk obat yang memiliki rasa manis anjing akan lebih senang.

Setelah selesai, segera berikan makanan ringan yang ia sukai dan puji begitu selesai memberikan obat agar pemberian obat menjadi hal yang menyenangkan untuknya.

Catatan :

  • Biasakan untuk membuka mulut anjing sejak usia sedini mungkin agar anjing terbiasa dan tidak sulit jika ingin diberi obat secara paksa..
  • Pilih obat yang dibuat khusus untuk anjing karena obat ini memiliki rasa yang pastinya disukai oleh anjing.

 

sumber: anjingkita.com

 

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing, Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s