Tentang Kebiasaan Anjing Suka Mengunyah (Chewing)

Mengunyah merupakan suatu kebiasaan alami seekor anjing mulai dari anakan sampai dewasa . Kebiasaan alami ini sangat baik sewaktu anjing masih hidup normal secara liar. Mereka mengunyah untuk makan atau memotong buruannya agar bisa dimakan. Selain untuk makan, mengunyah juga berguna untuk membersihkan gigi mereka dari sisa-sisa makanan sehingga terhindar dari plak gigi. Untuk membersihkan gigi mereka mengunyah tulang-tulang dari hewan buruannya dan juga mengambil kalsium dari tulang tersebut.

Setelah dipelihara oleh manusia, kebiasaan ini tidak hilang dan dianggap buruk oleh manusia karena sering merusak benda milik manusia yang seharusnya tidak dijadikan objek untuk dikunyah. Banyak orang yang mengeluh, anjingnya tetap suka menggigiti perabotan rumah walaupun sudah dewasa. Mereka berpikir kalau anjing mengunyah karena gigi mereka gatal dan akan mengalami pergantian gigi dari gigi susu ke gigi dewasa. Tapi setelah gigi dewasa tumbuh dengan sempurna, anjing tetap melanjutkan kebiasaanya.

Faktor-faktor penyebab anjing mengunyah :

  1. Alat eksplorasi : Untuk anakan anjing , mulut merupakan alat eksplorasi mereka untuk mempelajari suatu benda, untuk bermain bersama majikannya atau temannya. Oleh karena itu mengapa mereka suka menggigit tangan kita .

  2. Masa pergantian gigi : Gigi yang sedang tumbuh atau akan tanggal pasti membuat kondisi yang kurang enak di gusi bagi anjing. Untuk mengatasi hal ini anjing akan mengunyah sesuatu agar menghilangkan rasa sakit. Seperti jika kita sedang gatal pada kulit maka kita akan menggaruk tetapi yang terjadi ketika sedang tumbuh gigi atau gigi akan tanggal tidak akan menghilangkan rasa sakit dengan mengunyah sesuatu tetapi akan bertambah sakit pada gusinya. Anjing akan merasa resah sehingga akan terus mengunyah sesuatu.

  3. Stress : Anjing yang sedang stress akan sering menggunyah sesuatu dimulutnya . Kadang dilakukan secara berlebihan . Anjing yang sedang mengalami kebosanan juga akan melakukan hal ini untuk mengisi waktunya.

  4. Membersihkan gigi : Sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi pasti juga membut kondisi tidak nyaman bagi manusia dan anjing. Manusia melakukan sikat gigi , anjing juga melakukannya hanya saja caranya berbeda. Anjing menggunakan sesuatu yang keras atau kenyal untuk menyikat giginya. Oleh karena itu, pemberian tulang seperti dengkul sapi sangat membantu kebersihan gigi pada anjing.

Untuk menghilangkan kebiasaan ini adalah hal yang sulit, kita harus menyalurkan kebisaan ini menjadi suatu kegiatan yang positif agar kebiasaan ini tidak mengganggu kita. Berikut hal-hal yang harus kita lakukan :

  1. Berikan mainan : Dipasaran sudah banyak tersedia mainan untuk anjing yang dirancang khusus agar tidak membahayakan atau meracuni anjing jika tertelan. Pilih ukuran atau jenis yang sesuai dengan anjing anda. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual tentang kualitas barang yang dijual.

  2. Berikan tulang-tulangan : Sangat dianjurkan jika anda bisa menyediakan tulang asli bukan buatan manusia. Biasa menggunakan tulang dengkul sapi atau tulang rawan . Jangan menggunakan tulang ayam atau tulang iga yang patahannya menjdi tajam karena akan melukai anjing. Kekurangan dari tulang asli ini adalah menimbulkan bau dan mengundang lalat karena tulang ini dapat membusuk. Jika anda tidak menyukai hal ini maka pilih alternatif kedua yaitu tulang-tulangan atau yang dikenal dengan nama rawhide bone . Tulang ini dibuat menyerupai tulang asli tetapi menggunakan bahan dari kulit sapi. Kulit dikeringkan dan diproses hingga berbentuk tulang. Rawhide yang semula keras akan melunak dan alot jika terkena air liur anjing. Pada umumnya anjing akan menyukai rawhide karena rasa dan aromanya yang menyerupai tulang.

  3. Berikan aktifitas : Ternyata anjing lebih mudah mengalami kebosanan dan kesepian jika ditinggal sendiri oleh majikannya. Anjing akan melakukan aktifitas untuk mengurangi rasa jenuhnya ini dan hal yang dilakukan biasanya merugikan manusia. Jika anda rutin meninggalkan anjing sendirian karena kerja ada baiknya untuk mengajak anjing bermain sebelum anda berangkat kerja. Ajak anjing bermain hingga lelah sehingga sepanjang hari ia akan beristirahat. Jangan lupa untuk memberikan mainan agar anjing dapat bermain sendiri selama anda tidak berada dirumah.

  4. Latih anjing anda : Anjing yang sudah terlatih atau disekolahkan lebih dapat membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Jika ia menggigit sepatu anda dan anda larang, dia akan cept mengerti bahwa apa yang dia lakukan adalah salah sehingga dia tidak akan mengulanginya lagi.

  5. Beri tempat yang aman : Jika anjing anda tetap tidak bisa dipercaya untuk tidak merusak barang maka jalan terakhir adalah menaruh dia ditempat yang aman / kandang selama anda tidak berada didekatnya. Hal ini juga harus dilakukan jika disekelilingnya terdapat benda yang dapat membahayakan kesehatannya. Anakan anjing belum bisa membedakan keadaan bahaya sehingga sering merugikan dirinya sendiri.

Beberapa individu tidak suka melakukan kebiasaan mengunyah ini malahan dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuhnya. Anjing yang tidak suka mengunyah akan mempercepat kerusakan pada gigi karena kotoran yang menempel pada giginya tidak dibersihkan. Gigi yang tidak sehat akan menimbulkan gangguan pada organ tubuh . Nah, jika anda memiliki anjing seperti ini , ada baiknya anda membersihkan secara teratur gigi anjing anda. Ada dua cara untuk membersihkannya :

  1. Berikan dog food yang dirancang khusus untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi. Dog food ini biasanya memiliki ukuran butir (kibble) yang besar. Butiran ini jika digigit akan terbelah dan akan menggores permukaan gigi . Butiran dog food tidak renyah tetapi agak kenyal / alot supaya tidak hancur berantakan jika dikunyah.

  2. Lakukan pembersihan secara manual dengan menyikat gigi anjing menggunakan sikat gigi yang biasa kita pakai. Gunakan pasta gigi yang aman jika tertelan, biasanya pasta gigi untuk anak-anak aman jika tertelan. Menyikat gigi dapat dilakukan satu kali seminggu. Jika anjing anda tidak bisa diam ketika anda menggosok giginya, ada baiknya untuk meminta bantuan dokter hewan. Dokter hewan akan menggunakan obat bius agar anjing bisa tenang ketika giginya dibersihkan. Lakukan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s