Apa Yang Harus Kita Lakukan saat Anjing Keracunan

Anjing adalah makhluk ingin tahu dan ingin menyelidiki dan ini salah satu pemicu banyak terjadinya kasus keracunan. Racun bisa masuk ke tubuh dalam 3 cara; melalui kulit (biasanya cairan), dengan cara dihirup (gas), atau dengan cara dimakan (padat atau cairan) yang merupakan masalah yang paling umum. Ini adalah tanggung jawab Anda sebagai pemilik anjing untuk menjaga semua produk yang berbahaya tertutup rapat dan keluar dari jangkauan anjing Anda. Beberapa tanda-tanda keracunan yang mungkin terjadi adalah air liur berlebihan, muntah, diare, sakit perut, berkedut, gugup, kejang, koma, dan bau kimia pada tubuh (jika anjing Anda kejang-kejang, kehilangan kesadaran, atau mengalami kesulitan bernapas, segera bawa kedokter hewan setempat atau klinik darurat segera). Di bawah ini adalah haly yang dapat Anda lakukan sebelum anjing dibawa untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

 

Jika anjing Anda terkena cairan beracun dikulitnya, gunting bulu yang telah terkontaminasi cairan tersebut. Langkah selanjutnya adalah mencuci area yang terkontaminasi dengan shampoo anjing atau shampoo bayi, lalu bilas dengan saksama. Pakailah sarung tangan untuk menghindari terkena cairan beracun.

 

Jika anjing Anda menghirup gas beracun, keluarkan anjing dari daerah tersebut dan bawa ke udara segar dan terbuka segera. Siram bagian mata anjing dengan larutan garam atau air bersih. Jika anjing tidak bernafas, rasakan detak jantung dengan menempatkan jari-jari Anda sekitar 2 inci dibelakang siku anjing, ditengah dada. Jika jantung tidak berdetak, lakukan CPR. Jika anjing masih bernapas, lakukan pernafasan buatan.

 

Jika anjing Anda menelan cairan atau makanan berbahaya/beracun, berikan anjing hidrogen peroksida untuk menginduksi muntah. Membuat anjing muntah akan menghilangkan sebagian racun yang telah masuk ke dalam tubuh dan akan mengulur waktu Anda sampai dia dirawat oleh dokter hewan. Untuk membuat anjing muntah Anda, dongakkan kepala anjing kebelakang dan semprotkan hidrogen peroksida ke arah belakang lidahnya. Jika ia tidak muntah setelah 10 menit, coba lagi. Jangan berikan lebih dari dua dosis hidrogen peroksida! Juga, jangan menggunakan produk over-the-counter yang digunakan oleh manusia.

Jangan menginduksi muntah jika anjing Anda telah menelan bahan kimia kaustik seperti cairan pembersih karena racun akan menyebabkan rasa terbakar jika melewati tenggorokkan. Segera cuci bagian mulut dan wajah dengan air dan kemudian memberi anjing sesuatu untuk menetralkan bahan kimia, seperti 3 sendok teh cuka/jus lemon dilarutkan dalam jumlah yang sama dengan air atau susu.

 

Dengan keracunan, setiap hitungan menit sangat berarti. Jika anjing pingsan itu berarti racun telah bereaksi

dan Anda harus membawanya ke dokter hewan segera. Juga penting adanya untuk mendapatkan bantuan medis meskipun anjing Anda tidak terlihat sakit. Anjing yang keracunan mungkin tampak normal selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari setelah kejadian.

 

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s