Cara Mencegah Anjing Hilang / Dicuri

Sebagai pemilik anjing, salah satu hal yang paling menakutkan yang bisa terjadi adalah hilangnya anjing kesayangan Anda. Beberapa anjing hilang karena mereka keluar dari halaman atau menjelajah daerah baru dan lalu ia tidak menemukan jalan pulang ke rumah sementara beberapa anjing lainnya memang hilang dicuri orang. Pelajari bagaimana melindungi anjing Anda agar tidak hilang atau dicuri dan langkah-langkah yang akan membantu meningkatkan kemungkinan anjing Anda kembali dengan aman jika yang terburuk terjadi.

 

Jadilah Pemilik Anjing Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab untuk anjing Anda berarti melindungi dirinya, mengawasi dan mengetahui dimana dia setiap saat. Hindari meninggalkan anjing Anda sendirian di halaman. Anjing suka menjalin persahabatan dan akan menjadi mudah bosan jika dibiarkan sendiri. Jika mereka bosan, mereka akan berusaha keluar dengan berbagai cara, melompat atau memanjat pagar, atau menggali keluar dari bawah pagar. Selain itu, anjing yang ditinggal sendirian dapat dicuri dengan mudah. Amankan pagar dan awasi anjing Anda. Jangan biarkan anjing Anda berjalan tanpa leash didaerah terbuka. Hati-hati saat membuka pintu sehingga anjing Anda tidak berlari keluar. Hindari meninggalkan anjing Anda dimobil. Hal yang terakhir, pastikan kalung anjing dan collar aman.

Pasangkan Collar dengan ID pada Anjing Anda

Anjing Anda harus selalu mengenakan collar, dan collar harus memiliki identifikasi anjing. Luangkan waktu untuk menemukan collar terbaik dan tag ID untuk anjing Anda dan pasang pada lehernya. Jika anjing Anda ditemukan, ID ini akan membantu dia kembali dengan aman ke tangan Anda. Pastikan collar muat dan tidak longgar.

 

Selalu Gunakan Leash pada Anjing Anda

Kadang-kadang Anda bisa tergoda untuk membiarkan anjing Anda berjalan tanpa leash. Mungkin Anda berada di sebuah taman kosong dan berpikir anjing Anda tidak akan lari. Kenyataannya, setiap Anda membiarkan anjing berlari tanpa leash didaerah terbuka, Anda mengambil risiko. Bahkan anjing-anjing terlatih banyak yang bisa melarikan diri. Sebuah hewan kecil bisa membangkitkan naluri pemangsa atau suara keras bisa menakut-nakuti anjing sehingga ia melarikan diri. Jika anjing Anda keluar dari pandangan Anda, dia tidak mungkin menemukan jalan pulang. Seekor anjing bisa mengembara terluka atau bahkan dicuri. Menggunakan leash adalah yang terbaik menjaga anjing Anda terlihat.

 

Microchip Khusus untuk Anjing Anda

Microchip berukuran sekecil butiran padi dan ditanam di bawah kulit diantara bahu anjing Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi anjing Anda secara permanen, sebagai chip bisa dibaca oleh pemindai khusus. Mereka tidak bisa jatuh seperti kerah dan tahan lama. Jika anjing Anda telah dipindai dan chip ditemukan, dapat ditelusuri kembali kepada Anda. Hal ini tidak hanya membuat lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan anjing Anda yang hilang kembali, hal itu juga membuktikan bahwa anjing Anda milik Anda jikalau dia dicuri. Pastikan untuk menjaga informasi kontak Anda yang terbaru dengan perusahaan microchip. Selain itu, masih penting untuk menggunakan collar pada leher dengan ID anjing Anda jika anjing Anda berakhir ditempat dimana tidak ada pemindai yang tersedia.

 

Perjalanan Aman dengan Anjing Anda

Bepergian dengan anjing Anda dapat menyenangkan, tapi keselamatan perjalanan adalah penting. Pastikan bahwa Anda berhati-hati saat bepergian. Jika anjing Anda terbang, pastikan crate aman dan identifikasi terlihat jelas. Dalam perjalanan, berhati-hatilah untuk menjaga dirinya dari berlari keluar ketika pintu mobil terbuka. Jika dia melarikan diri, berada di tempat yang baru membuat lebih sulit baginya untuk menemukan kembali jalannya (dan mungkin sulit bagi Anda untuk dihubungi). Juga, seperti yang disebutkan sebelumnya – jangan meninggalkannya sendirian di dalam mobil.

 

Latihlah Anjing Anda

Sebuah pelatihan kepatuhan yang baik sangatlah penting untuk berbagai alasan. Jika anjing Anda terlatih, Anda lebih mungkin untuk dapat menghentikannya ketika ia mulai berjalan tanpa arah. Secara umum, menyimpan treats adalah ide yang baik jika suatu saat Anda membutuhkannya untuk memanggil anjing Anda. Selain itu, perintah seperti ‘stay’ atau ‘wait’dapat membantu Anda menjaga anjing Anda agar tidak kabur.

 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anjing Anda Menjadi Hilang atau Dicuri

Jika dengan upaya terbaik Anda untuk menjaganya, anjing Anda tetap hilang atau dicuri, Anda harus mengambil tindakan segera. Jika Anda mencurigai adanya pencurian, hubungi penegak hukum setempat. Bikin poster yang berkata bahwa anjing Anda hilang, hubungi rumah sakit dan tempat penampungan hewan setempat, kitari lingkungan Anda. Tanyakan teman-teman, tetangga dan anggota keluarga untuk membantu mereka. Yang paling penting, Anda harus bertindak cepat dan jangan putus asa.

 

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s