Melawan Kutu dan Ketombe Pada Anjing

Anda harus selalu memeriksa coat dan kulit anjing Anda setiap kali Anda melakukan grooming pada anjing. Juga penting adalah untuk memastikan bahwa anjing Anda tidak menjadi sarang parasit atau memiliki masalah kulit seperti ketombe.

Salah satu parasit yang sangat umum yang menyebabkan iritasi pada anjing Anda adalah kutu. Kutu menyebabkan anjing menggaruk tak terkendali, yang mengakibatkan kulit sakit dan luka-luka. Jika anda melihat anjing Anda menggaruk, menggigit, dan gemetar seolah-olah mereka berusaha untuk menyingkirkan sesuatu yang mengganggu kemungkinan dia memiliki kutu. Tanda lain bahwa anjing berkutu adalah partikel hitam dan putih mirip dengan pasir pada badannya yang merupakan telur kutu. Ketika mencari kutu anjing, mulailah dengan mendorong bulu kearah berlawanan tumbuh dibagian leher, sepanjang punggung, sekitar daerah ekor dan perut. Anda juga dapat menggunakan sisir halus-bergigi untuk mencari kutu. Sisir bagian coat anjing dan lihat apakah Anda dapat menangkap kutu-kutu ini.

Kutu dapat dicegah, oleh bahan kimia, tetapi ada alternatif alami. Anda bisa menggunakan insektisida, semprotan kutu khusus anjing, obat anti-kutu, collar untuk kutu, atau shampo kutu. Bila menggunakan segala jenis perawatan kutu, periksa kulit anjing Anda untuk tanda-tanda reaksi alergi atau sensitif dan juga jangan lupa berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sebelum memulai jenis perawatan kutu untuk anak anjing dan anjing lebih tua. Untuk pencegahan alami, Anda dapat mencoba oleskan ragi bir, bawang putih dan cuka sari apel, serta minyak serai dan minyak jeruk.

Jika anjing anda sudah memiliki kutu dan Anda ingin menyingkirkannya segera, Anda dapat menggunakan produk kutu yang dapat membunuh kutu setelah menggigit anjing Anda yang direkomendasikan oleh dokter hewan Anda. Anda dapat mencoba metode lain untuk menyingkirkan kutu yang tidak melibatkan penggunaan bahan kimia apapun. Untuk memulai, cuci anjing Anda dengan air hangat dan gosok dia menggunakan sabun pada saat bersamaan. Selanjutnya, minta dia duduk di dalam air selama sekitar lima belas menit. Pastikan Anda membuatnya santai dan sibuk, jika tidak, akan sulit baginya untuk diam. Untuk langkah terakhir, cuci bagian tubuh lain dari anjing Anda yang belum terendam menggunakan campuran satu sendok teh rosemary kering yang telah didinginkan lalu rebus dalam air. Perawatan ini sangat efektif dan selain itu membuat anjing menjadi harum.

 

Ketombe kebanyakan terjadi ketika sel-sel kulit anjing alami mati dan mengelupas pada tingkat yang sangat cepat. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menjaga coat anjing anda bersih dan bebas ketombe. Pertama, Anda perlu memberikan anjing Anda mandi secara reguler untuk membersihkan serpihan kotoran dan sel mati sebelum mereka mulai menumpuk. Selalu gunakan air hangat untuk memandikan anjing Anda. Gunakan shampo ringan seperti shampo bayi dan pijatkan secara menyeluruh kekulitnya. Pastikan bahwa anda membilasnya dengan baik. Jika ketombe tetap bertahan, coba gunakan shampo ketombe khusus hewan peliharaan yang mengandung asam belerang atau salisilat. Diamkan selama kurang lebih 5 menit untuk memberikan waktu bagi bahan aktif untuk bekerja. Jangan gunakan shampo obat yang ditujukan untuk manusia karena itu dapat merusak kulit anjing Anda. Untuk mencegah ketombe semakin parah, jangan gunakan shampo yang mengandung insektisida seperti shampoo kutu. Shampo ini akan membuat kulit anjing sangat kering. Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah untuk melapisi kulit anjing dengan menyemprotkan anjing dengan minyak khusus. Penyemprotan minyak ini membantu melumasi kulit dan melembabkannya. Anda juga dapat menggosok mantel anjing Anda dengan lotion atau krim pelembab yang seperti Anda gunakan pada tangan Anda. Intinya, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin. Hal ini diperlukan karena membantu mendistribusikan minyak alami secara merata supaya kulit tidak kering dan hal ini mencegah terjadinya ketombe. Untuk menyikat bulu, Anda perlu memilih sikat yang tidak terlalu keras. Uji kelembutan sikat dengan menggosok pada bagian belakang tangan Anda. Hal yang terakhir namun sama pentingnya adalah memberi vitamin dan mineral mencukupi untuk anjing Anda. Ini perlu untuk menjaga kulitnya agar tetap sehat. Beralih kemakanan anjing yang berkualitas tinggi dapat membantu menghilangkan kulit bermasalah. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberi anjing Anda segala jenis suplemen.

 

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s