Minuman yang Baik dan Tidak Baik untuk Anjing

Air merupakan zat penting bagi anjing Anda. Air penting untuk kesehatan serta kinerja yang baik. Menjaga anjing Anda mendapatkan cukup asupan air akan membantu menjaga dirinya sehat dan aktif untuk jangka waktu yang lama.

Seorang pemilik anjing harus menyediakan air bersih dan segar untuk anjing mereka. Jika sumber air rumah memang terjamin bersih, Anda dapat memberikan anjing air kran untuk minumannya. Di daerah-daerah dimana terdapat mineral atau kontaminan dalam tingkat tinggi dalam kandungan air, disarankan untuk menyaring air untuk meningkatkan kualitasnya. Jika Anda mempertanyakan kualitas air yang tersedia, sediakan air kemasan untuk menjaga anjing Anda dari sakit. Setelah latihan atau ketika anjing merasa kepanasan, sebaiknya tidak memberinya air dingin karena ini dapat mengejutkan sistem dalam tubuhnya. Sebaliknya, berikan sejumlah kecil air yang sejuk, tidak dingin. Untuk wadah, keramik dan plastik mungkin memiliki kontaminan yang dapat ditransfer ke anjing melalui air. Gunakan mangkuk minum berbahan stainless steel. Bersihkan dan desinfeksi setiap hari setiap bulan. Air harus diganti sedikitnya setiap 4 jam dan suhu harus pas, tidak terlalu dingin atau panas. Mangkuk minum harus dibuang jika dipakai atau tergores karena bakteri dapat berkembang biak di goresan.

Minuman untuk anjing yang sebaiknya tidak diberikan:

  • Susu Tidaklah Direkomendasikan

Banyak anjing kekurangan enzim yang tepat untuk memecah laktosa, gula dalam susu. Tanpa kehadiran enzim untuk memecah laktosa, susu akan tetap tercerna dan mengendap dalam usus. Hal ini menyebabkan diare dan sakit perut. Jika anjing Anda dapat mentolerir susu, memberinya secangkir sekali-kali tidak akan merugikan. Susu dengan 0% kadar laktosa menjadi pilihan terbaik. Susu tidak boleh digunakan sebagai sumber cairan utama untuk anjing.

  • Minuman Yang Mengandung Gula Terlalu Banyak

Minuman dengan suplemen vitamin atau mineral bagi manusia bisa berbahaya bagi anjing. Anjing hanya dapat mentoleransi jumlah tertentu vitamin dan mineral yang sudah alami terkandung pada makanan anjing dan air. Minuman yang mengandung persentase gula yang tinggi bisa sangat berbahaya bagi anjing diabetes. Ada juga pewarna buatan dan aditif yang dapat mengganggu fungsi dari saluran kencing dan sistem lainnya.

  • Buah Utuh Lebih Baik Dibanding Jus Buah

Anjing bisa minum jus buah segar dalam jumlah kecil. Setiap jus buah untuk anjing harus bebas dari tambahan gula, pewarna buatan, atau bahan lainnya. Sebaiknya berikan anjing buat utuh dan segar dibandingkan jus buah.

  • Air Kolam

Jangan biarkan anjing Anda minum dari kolam diklorinasi karena air mengandung bahan kimia dengan kadar yang tinggi seperti klorin. Bila anjing minum air kolam, ia menelan klorin lebih dari yang seharusnya dan juga kemungkinan menelan bahan kimia lainnya. Mungkin juga ada alga, serangga, bakteri, dan zat berbahaya lainnya di kolam renang. Seteguk kecil air kolam tidak akan membuat anjing Anda sakit namun. cobalah untuk menjaganya dari minum air kolam bila memungkinkan.

  • Air Garam

Air asin harus dihindari sebagai sumber air untuk anjing. Kandungan garam berbahaya untuk anjing. Air garam juga tidak memberikan kesegaran untuk anjing dan dapat menyebabkan rasa haus yang lebih besar. Kadar garam berlebih dalam diet anjing dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya pada anjing.

  • Air Keran Yang Tidak Higienis/Sehat

Air keran secara umum diterima sebagai sumber air untuk anjing tetapi pada umumnya tidak dianjurkan. Jika Anda tahu persis jumlah total padatan terlarut dalam air keran Anda, Anda dapat memilih untuk menggunakannya. Air yang mengandung kurang dari 5000 bagian per juta dari total padatan terlarut dianggap dapat diberikan untuk hewan peliharaan. Air keran mungkin menimbulkan risiko lainnya jika kadar zat besi, magnesium, atau nitratnya tinggi. Semua air yang tidak diolah dapat menjadi tempat pelabuhan parasit, virus, dan bakteri.

  • Air Keruh/Tidak Bergerak

Air dari genangan air dan tambak dapat mengandung bakteri, parasit, dan virus yang terbentuk dari kurangnya gerakan air. Infeksi jamur dapat tumbuh karena patogen yang ada dalam masih cetakan air dan jamur. Suatu organisme disebut insidiosum Pythium tumbuh subur dan mereproduksi dalam air tergenang atau rumput yang telah terkena genangan air. Organisme ini hadir dalam genang air dan dapat menyebabkan penyakit yang relatif jarang namun serius pada anjing.

  • Air Dari Toilet/Bekas Cucian

Bahkan air kemasan atau rebusan terbersih akan menjadi tidak aman sebagai sumber air untuk anjing jika ditempatkan ditempat yang kotor. Air bekas cucian dan air di toilet dapat berisi jenis organisme berbahaya dan bakteri. Air toilet juga dapat mengandung bahan kimia yang digunakan untuk bersih-bersih yang berbahaya bagi anjing.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s