Potty Training Untuk Puppy

Melatih anjing untuk buang air kecil/besar (housebreaking) harus dimulai semenjak mereka masih puppy dan hal ini tidaklah mudah. Akan tetapi, penggunaan alat-alat yang benar akan membuat proses pelatihan menjadi lebih mudah bagi Anda dan puppy Anda. Hal-hal yang perlu disiapkan:

1. Crate

Pilih crate yang cukup bagi puppy untuk bergerak dan merasa nyaman. Jangan pilih crateyang terlalu besar karena dengan ruang ekstra di dalam crate, puppy akan menggunakannya sebagai tempat buang air kecil/besar.

2. Kertas dan Training Pads

Ini adalah bantalan penyerap super yang memiliki bau tertentu yang mendorong anjing untuk mendatanginya. Anda bisa mengajarinya ke mana harus pergi dengan menempatkantraining pads ditempat yang sama di rumah Anda. Sekali ia telah membentuk kebiasaan tersebut, Anda dapat mengubah training pads dengan koran.

3. Treats

Karena banyak anjing yang termotivasi karena makanan, siapkan treats untuknya. Setelah dia telah pergi buang air kecil/besar ditempat yang benar, baik di luar atau di atas kertas, berikan ia treat dan katakan “good boy” kepadanya.

4. Cairan Pembersih

Puppy akan mengalami ‘kecelakaan’ di rumah Anda pada suatu saat, oleh karena itu siapkan pembersih berkualitas. Jangan membeli pembersih karpet generik, melainkan satu yang dirancang untuk menangani kotoran hewan peliharaan.

5. Lead dan Collar

Lead dan collar  akan membantu Anda melacak anak anjing Anda di rumah Anda saat Anda sedang melatih dia untuk buang air kecil/besar ditempat yang ditunjuk. Anda dapat menyimpan anak anjing di bawah kendali Anda, mengawasi dia untuk tanda-tanda ingin buang air kecil/besar, seperti mengendus lantai, mondar-mandir atau merengek.

6. Barrier Gate

Sebuah gerbang hewan peliharaan atau bayi akan memungkinkan Anda untuk membatasipuppy Anda ke sebuah ruangan khusus di rumah, seperti dapur, sementara ia sedang dilatih. Jika Anda membatasi puppy ke ruangan dengan lantai yang lebih mudah untuk dibersihkan pada saat-saat ketika Anda tidak bisa melihat dia, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu membersihkan kotoran.

 

Ada tiga metode yang berbeda dari house training:

1. Mulai Didalam Rumah

Anda bisa meletakkan kertas atau training pads ditempat tertentu yang akan mendorongpuppy untuk menggunakan tempat ini untuk buang air kecil/besar.  Bila Anda melihat puppymulai menunjukkan “pola pra-toilet,” nya seperti berjalan berkeliling dan mengendus lantai, angkat ia dengan lembut tanpa berbicara dan letakkan di atas kertas/pad dan kemudian puji dia ketika dia selesai. Ketika semuanya berjalan baik dan dia menggunakan kertas secara konsisten, letakkan kertas bergerak mendekati pintu atau letakkan beberapa kertas di luar. Transisi terbentuk dari memindahkan kebiasaan toilet di dalam rumah menjadi di luar rumah. Satu-satunya masalah dengan metode ini adalah mendorong puppy untuk buang air kecil/besar di dalam rumah. Menurut pengalaman beberapa orang yang menerapkan metode ini, potty training mungkin akan lebih lama dibanding metode lainnya.

 

2. Crate

Metode yang populer kedua melibatkan penggunaan crate. Selama housebreaking, setiap kali puppy di dalam rumah, tetapi tidak dapat dipantau, ia ditempatkan dalam crate. Hal terakhir yang Anda lakukan sebelum Anda meletakkan anjing dalam crate adalah membawa dia ke luar ke tempat favoritnya. Hal pertama yang Anda lakukan ketika Anda mengambil anak anjing keluar dari crate adalah membawanya ke luar juga. Jangan letakkan makanan atau air di dalam crate namun Anda dapat meletakkan selimut atau toy untuk mengisi waktunya. Seiring bertambahnya kepercayaan Anda pada puppy, biarkan dia keluar untuk waktu yang lebih lama.

Kebanyakan orang tidak mengakui keuntungan penting dari pelatihan menggunakan crate. Ini lebih dari sekedar menghentikan puppy dari bermain-main di rumah. Hal ini juga mengajarkan sesuatu yang sangat penting yaitu mengajarkan puppy belajar bahwa ketika ingin buang air kecil/besar, ia bisa menahannya.

 

3. Pengawasan Konstan

Metode terakhir tidak melibatkan kertas, training pad, atau crate. Sebaliknya, Anda memilih untuk menghabiskan waktu dengan anjing. Metode ini sangat cocok bagi orang-orang yang tinggal dan bekerja di rumah mereka, orang-orang pensiunan, atau dalam situasi di mana pemilik selalu dengan puppy. Ketika Anda melihat puppy mengendus sekitar atau jika Anda melihat dia mulai jongkok, cepat angkat dia dan membawanya keluar. Adalah penting bahwapuppy diperhatikan setiap saat dan bahwa tidak ada kesalahan yang diperbolehkan untuk terjadi. Metode ini memiliki sedikit ruang untuk kesalahan. Ketika ia diambil keluar, perhatikan puppy dengan ketat dan begitu semuanya berjalan sesuai rencana, ia harus dipuji dan kemudian dibawa kembali ke dalam segera. Anda ingin puppy untuk memahami bahwa tujuan membawanya keluar adalah pergi buang air kecil/besar. Jangan ajak ia bermain. Jika ia tidak buang air kecil/besar dalam waktu 10 menit, tempatkan ia di crateselama 10 sampai 15 menit, kemudian bawa keluar lagi. Ketika ia buang air kecil/besar, puji dia dengan treat atau bermain dengannya. Tunggu beberapa menit sebelum Anda membawa dia kedalam untuk memastikan ia tidak akan harus buang air kecil/besar lagi.Untuk orang yang memiliki waktu, ini adalah metode yang baik. Kami masih merekomendasikan Anda memiliki crate sebagai cadangan ketika Anda harus berada jauh dari puppy.

 

Jadwal makan dan tidur yang tetap dapat membantu dalam housebreakingPuppy harus keluar segera setelah mereka bangun dan juga dalam waktu singkat setelah makan. Jadilah konsisten kapan Anda memberi makan dan mencoba untuk bangun dan tidur untuk waktu yang sama setiap hari sehingga Anda bisa memprediksi kapan ia perlu untuk buang air kecil/besar. Ingatlah bahwa puppy adalah bayi kecil. Jangan gelisah dan marah jika dia tidak mengerti Anda untuk beberapa hari pertama. Dia akan membutuhkan beberapa waktu untuk memahami instruksi Anda dan memahami pentingnya keluar rumah untuk buang air kecil/besar.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s