teknik memijat untuk anjing kita :D

Berikut adalah beberapa teknik pijat anjing yang mungkin bisa membantu untuk membantunya lebih sehat. Pertama-tama, pilihlah area rumah dimana Anda dan anjing Anda dapat bebas dari gangguan selama dua puluh menit atau lebih. Kedua, gunakan posisi yang nyaman. Pilih tempat yang memiliki permukaan lembut tapi kokoh. Lepas collar anjing Anda dan dengan lembut tepuk kepalanya dan bicaralah dengan lembut padanya agar ia dapat merasa lebih rileks. Hal yang perlu diingat: 1) Jangan pernah memaksa anjing Anda untuk dipijat, 2) Jangan menarik telinga anjing, ekor, kumis atau bulu, 3) Hindari menekan bagian perut, Anda bisa merusak organ internal, 4) Jangan menyentuh kulit yang terinfeksi atau luka karena dapat menyebabkan rasa sakit.

 

Jenis teknik pijat untuk anjing:

– Efflurage (panjang, stroke lambat) adalah jenis pijat untuk anjing peliharaan Anda yang melibatkan menggosok lembut tubuh anjing Anda. Hal ini membantu untuk menghangatkan jaringan yang ada ditubuh anjing. Caranya adalah dengan menempatkan satu tangan pada anjing, sementara tangan lainnya perlahan-lahan meluncur ke bawah dibagian wajah, kepala, ekor, tubuh, dan di luar kaki. Pastikan untuk bergerak searah pertumbuhan bulu. Selanjutnya, usap lembut bagian dalam kaki, berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu. Anda juga bisa melakukan efflurage dengan meletakkan satu tangan di atas yang lain dan dengan lembut memijat anjing Anda mulai dengan tangan yang satu dan berakhir dengan tangan lainnya.

 

– Petrissage (meremas) adalah pijat yang baik untuk anjing dewasa dan anak anjing. Hal ini membantu sirkulasi darah dan relaksasi otot dan tubuh secara keseluruhan. Pijat ini juga baik dalam merangsang mantel bulu hewan peliharaan Anda dan dengan demikian memungkinkan dia memiliki bulu yang indah. Untuk membuat anjing Anda nyaman pada awalnya, Anda bisa mulai dengan mengusap perlahan dari kepala hingga ekor. Anda juga bisa menggaruk lembut di belakang telinga dan telinga. Begitu ia menjadi nyaman dengan sentuhan Anda, maka Anda dapat melanjutkan ritual pijat. Anda dapat melanjutkan dengan gerakan memutar kecil di leher, di pundak dan ke dadanya. Anda juga bisa memijat kaki jika ia merasa nyaman dipijat dibagian tersebut. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda ketika memijat anjing Anda.

 

Perlu diingat bahwa tidak semua anjing menikmati pijat, jadi Anda perlu memperhatikan reaksi anjing Anda sewaktu Anda memijat. Waspadalah atas perilaku tertentu, yang memberitahu Anda untuk berhenti memijat:

• menggeram atau gertakan

• bergerak dengan kesakitan

• sedikit menggigit

• telinga yang menjadi datar, alis berkedut

• tegang atau menahan nafas

• memutar mata

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Perawatan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s