Tingkatan dalam pertumbuhan gigi pada puppy

Gigi Bayi

Puppy pada awalnya lahir tanpa gigi. Mereka tidak menerima gigi pertama mereka sampai mereka mencapai usia antara enam sampai delapan minggu. Mereka memiliki total 28 gigi, yang dikenal sebagai gigi susu / gigi sulung / gigi susu. Gigi pertama yang tanggal adalah gigi seri, diikuti oleh premolar dan gigi taring. Mereka tidak memiliki geraham pada saat mereka puppy karena mereka hanya akan melakukan sedikit penggilingan makanan pada usia ini. Gigi bayi itu kecil dan tajam. Gigi canine atas dan bawah mereka berada di belakang mulut mereka dan berukuran lebih besar. Gigi seri atas dan bawah mereka terletak dibagian tengah.

 

Tumbuh Gigi

Puppy mulai kehilangan gigi bayi mereka antara usia empat sampai lima bulan. Anda kemungkinan tidak akan menemukan gigi bayinya karena puppy menelan gigi bayi mereka ketika mereka tanggal. Saat gigi bayi tanggal, gigi dewasa mulai muncul melalui gusi. Pemotongan gigi dewasa menyakitkan bagi puppy, sama halnya seperti manusia yang sedang tumbuh gigi. Puppy secara naluriah akan mengunyah untuk meringankan ketidaknyamanan yang ia rasakan. Tanda-tanda tumbuh gigi ialah menggigit dan mengunyah, gusi meradang, perdarahan gusi, gigi tanggal atau cetakkan gigi puppy pada hal-hal seperti perabot atau sepatu.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantunya mengurangi rasa sakit akibat tumbuh gigi adalah menempelkan es pada gusi yang bengkak, memberinya makanan beku namun sehat seperti wortel, apel, stroberi, ubi jalar, dll. Cara lain yang efektif adalah untuk meletakkan chew toys dalam freezer dan memberikannya pada puppy. Pengobatan dingin ini akan membantu meringankan rasa nyeri di gusi mereka.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan puppy yang mengunyah barang-barang yang ada di rumah, Anda dapat 1) Mengenyahkan atau menyembunyikan barang yang bisa dikunyah dari pandangan puppy. 2) Membatasi dia disuatu daerah dimana tidak ada barang yang bisa ia kunyah. Ketika Anda harus meninggalkannya sendirian, tempatkan dia di crate. Gunakan crate yang berbeda dari yang Anda gunakan untuk potty training. Gunakan crateyang berukuran lebih besar untuk memberinya lebih banyak ruang untuk bermain denganchew toys. 3) Gunakan spray untuk mencegahnya mengunyah barang. Coba uji dulu dengan menyemprotkannya pada hal-hal yang suka ia kunyah. Jika ia menyukainya, ubah spraysampai Anda menemukan yang dia tidak suka. 4) Pastikan untuk memiliki persediaan chew toys yang cukup. 5) Gunakan penguat positif ketika Anda melihat dia mengunyah hal-hal yang tidak seharusnya ia kunyah. Cepat ambil barang tersebut dan berkata, “Tidak!” atau “Jatuhkan!”. 6) Ajak puppy berolahraga dan bersosialisasi. Berolahraga akan memberinya sesuatu untuk dilakukan selain mengunyah. Sosialisasi akan membuatnya bertemu denganpuppy lain, mencegah masalah agresi dan kecemasan berlebihan.

 

Kehilangan Gigi

Antara usia tiga bulan sampai tujuh bulan, puppy mulai kehilangan gigi bayinya. Setiap akar gigi bayi umumnya akan diserap oleh gigi dewasa, meskipun ada beberapa kejadian di mana ini tidak benar terjadi. Pada usia tiga bulan, gigi seri mulai tanggal untuk membuat ruang bagi gigi dewasa baru. Pada usia empat bulan, geraham dewasa dan gigi taring dewasa mulai tumbuh. Antara usia enam sampai tujuh bulan, gigi geraham dewasa akan tumbuh. Akhirnya, pada usia tujuh sampai delapan bulan, set lengkap gigi dewasa mulai terbentuk.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s