keuntungan memelihara anjing untuk anak-anak

Banyak orang percaya bahwa ketika seorang anak dalam kandungan, artinya anjing mereka harus pergi. Mereka membawanya ke tempat penitipan, memberikannya kepada teman, atau menyingkirkannya ke taman belakang. Banyak orang tidak menyadari, bahwa anjing ini dapat menjadi guru yang hebat dan mengajarkan banyak hal kepada anak. Anak-anak dapat belajar semua hal kehidupan dari anjing keluarga.

Keamanan Anjing
Cara apa yang paling baik untuk mengajarkan anak anda untuk merasa aman berada disekitar anjing selain memiliki seekor anjing di rumah. Anda memiliki alat yang tepat yang dapat anda gunakan untuk mendemonstrasikan sikap yang aman disekitar anjing. Jika anak anda menempelkan wajahnya di wajah anjing anda, katakan kepadanya kenapa dia tidak boleh melakukan hal itu. Ketika anak anda mencoba mengambil mainan anjing dari anjing tersebut, jelaskan mengapa hal tersebut bukan ide yang baik.
Mengajar dengan anjing yang sudah dilatih dengan baik ketika anda berada disekitar dapat memberikan pengawasan yang konstan, hal itu merupakan cara yang paling aman, lebih aman dibanding mengirim anak anda tanpa pengetahuan untuk bertemu dengan anjing tanpa pengawasan.

Menjadi Lembut
Ketika anak-anak bersikap kasar, bersuara keras, atau terlalu gembira dengan seekor anjing, anjing tersebut akan memberi tahu mereka. Mereka dapat menggerang, atau mereka bisa saja berjalan menjauh dan menghalangi anak untuk bermain dengan anak anjing. Hal ini mengajarkan anak bahwa menjadi lembut secara alami dan sentuhan lembut merupakan hal yang penting ketika menyayangi makhluk hidup lain.

Kuat dan Percaya Diri
Ketika anak anda tumbuh dan mampu menyampaikan perintah kepada anjing anda, mereka akan cepat belajar, bahwa dia harus menjadi kuat dan percaya diri, atau beberapa anjing tidak akan mematuhinya. Selain itu, memerintah seekor anjing untuk duduk, dan kemudian melihat anjing tersebut melakukan hal yang diperintahkan, memberikan anak-anak rasa percaya diri yang tinggi. Melalui pengalaman ini, anak akan belajar, walaupun mereka masih muda dan terbatas dalam mengambil keputusan, dia masih dapat membuat sesuatu terjadi.

Keuntungan dari Persahabatan
Memiliki seekor anjing disamping mengajar seorang anak bagaimana rasanya memiliki seorang teman dekat, dan bagaimana rasanya memiliki seseorang untuk bergantung pada mereka dan sebaliknya. Hal ini membantu anak-anak untuk mengerti nilai dari membentuk dan menjaga persahabatan yang sesungguhnya.

Perasaan Aman
Dengan seekor anjing di rumah, dapat membuat anak merasa lebih aman. Anjing dapat memeriksa lemari untuk mencari monster dan di bawah tempat tidur untuk mencari boggie man. Anjing dapat memberikan rasa aman yang takut akan kegelapan, dan membuat dia merasa bahwa rumahnya dijaga oleh seorang penjaga. Juga, dalam kenyataan, sungguh menakjubkan bagaimana bahkan anjing paling jinak akan bereaksi ketika manusia itu dalam bahaya.

Kebutuhan akan yang Lain
Anjing adalah cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak bahwa mereka bukan pusat alam semesta, dan bahwa orang lain memiliki kebutuhan. Kebutuhan dari seekor anjing lebih merupakan dasar dan mudah untuk dijelaskan dibanding kebutuhan manusia di jaman modern ini. Anjing membutuhkan makanan, air, tidur, tempat berlindung, dan keluar untuk buang air. Ini merupakan konsep dasar dan dampak dari pengabaian mereka akan terlihat jelas.

Tanggung Jawab
Ketika anak-anak sudah cukup dewasa untuk mengambil bagian untuk menjaga anjing keluarga, mereka akan belajar untuk bertanggung jawab. Buatlah tabel mengenai pekerjaan anak anda dan tempel di kulkas dimana anak anda dapat meraihnya. Setiap kali dia memberi makan anjing tersebut, atau membersihkan kotorannya, atau membantu anda memberi anjing anda obat cacing, anda dapat memberikan sebuah tanda bintang emas pada tabel tersebut bersama-sama, menandakan bahwa dia telah melakukan pekerjaannya. Hal ini memberikan anak sebuah rasa keberhasilan dan tanggung jawab.

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s