Mengapa gukguk suka menjilati manusia? baca disini infonya :D

Pernahkah anda berpikir bahwa anjing anda kelihatannya sangat berkomitmen dalam proses memandikan wajah anda dengan lidah mereka?.
Pengalaman menjilat pertama yang dialami oleh seekor anak anjing berasal dari induk mereka, bahkan sebelum anak anjing itu dapat membuka mata mereka. Menjilat biasanya dilakukan oleh induk untuk membersihkan anak anjing, setelah makan, untuk buang air kecil dan besar. Sangat meragukan jika seekor anak anjing yang masih muda secara sadar menjilat dianggap sebagai sifat mendominasi.

Bagaimanapun juga, tindakan dari menjilat ini dapat memiliki arti yang lain ketika anak anjing ini mulai tumbuh dewasa dan mendapatkan respon dari hewan lainnya (termasuk manusia) yang mereka jilat.

Menjilat bagi anak anjing yang baru lahir (neonatal) biasanya ditujukan pada mulut indukkan, setidaknya pada anjing liar, hal ini memicu muntahan makanan dari indukkan kepada anakkannya. Ya, anda tidak salah membaca, mungkin tiba-tiba saja anda berpikiran, bahwa anjing anda menjilati anda bukan karena ia menunjukkan kasih sayang yang tidak terkendali tetapi lebih pada usahanya untuk membuat anda muntah sehingga mereka dapat memakan apapun yang anda makan terakhir kalinya. Manis bukan?

Menjilati hewan lain dapat diartikan secara luas sebagai tingkah laku untuk mencari perhatian. Bagaimanapun juga, pada beberapa anjing betina dan anjing jantan yang bertingkah “feminim”, menjilat dapat timbul sebagai sikap saling merawat, yang mana dapat dianggap sebagai sifat yang dominan. Ketika seekor anjing mencoba untuk menjilat alat kelamin anjing lainnya, perilaku tersebut dianggap sebagai kepatuhan. Hal ini biasanya dilakukan oleh anjing-anjing yang patuh terhadap anjing yang lebih dominan dalam kawanan mereka.

Ketika Menjilat yang Berlebihan menjadi Masalah
Menjilat sepertinya mendapatkan pengertian yang berbeda ketika anak anjing tersebut dibawa oleh sekawanan manusia. Pengertian menjilat kemudian tergantung pada umpan balik yang diberikan oleh anjing atau pemiliknya. Gagasan lama bahwa anjing menjilati tangan untuk mengambil garam yang terdapat pada kulit kita tidak berlaku untuk masalah menjilat.

Masalah menjilat biasanya terjadi pada anjing yang agak jinak dan pemilik yang permisif. Dalam kasus ini, awal-awal kasus menjilati diizinkan (beberapa orang merasa benar-benar tersanjung ketika anjing menjilat mereka) dan anjing tampaknya menikmati respons dari pemilik.
Pada banyak kasus, menjilat merupakan sebuah faktor dari masalah perilaku. Biasanya hal ini dilakukan seekor anjing untuk mendominasi perhatian pemilik atau untuk menunjukkan perasaan dominan terhadap pemiliknya.

Bagaimana Mencegah Anjing Menjilat?
Menjilat merupakan sebuah masalah hanya jika majikannya ada bersama anjing tersebut dan mengijinkan anjing tersebut menjilat. Oleh karena itu, kebiasaan menjilat ini dapat dihentikan dengan mudah dengan mengatakan “NO” kepada anjing itu atau dengan cara menghindar. Setelah beberapa hari atau beberapa minggu penolakan, masalah ini akan hilang. Namun, cara ini tidak mengkoreksi dasar masalah, yaitu, usaha anjing untuk mendominasi pemilik.

Sebagai tambahan untuk mencegah anjing menjilat, anjing harus dilatih untuk merespon perintah yang diberikan, dan pemilik harus menyesuaikan jika anjing tersebut “terlalu dimanjakan” atau terlalu disayang. Ketika anjing tersebut mencari perhatian atau mencoba untuk mendominasi pemilik, anjing tersebut harus diberikan perintah yang mudah seperti, Sit, dan kemudian dibelai sebentar sebagai hadiah kepatuhan.

Disarankan anda menggunakan beberapa cara stimulus ketika anjing mulai mengganggu anda. Adapun cara tersebut termasuk mengenalkan mainan kunyah (chewable toys) yang diharapkan dapat di cari oleh anjing anda setelah di lempar, atau suara yang tajam, tujuannya adalah untuk mengubah pemikiran anjing anda untuk berhenti menjilat dan melakukan hal yang lain. Selama proses perbaikan ini, mungkin terlihat banyak sekali perilaku lainnya, seperti melolong, mondar-mandir, atau menjilati diri sendiri. Jika dibiarkan, biasanya perilaku ini akan hilang dalam beberapa hari.

Pernahkah Anda Berpikir, Seberapa Kotornya Mulut Anjing Anda?
Karena bakteri tidak dapat menebus pelindung tubuh yang disebut sebagai kulit, kita tidak perlu khawatir jika seekor anjing menjilati kita dan selanjutnya kita tertular penyakit. Namun, yang dilihat dari poin estetika, anjing mencium setiap tumpukan atau genangan air hasil dari buangan anjing lain di jalanan, banyak orang beranggapan sangat tidak bijaksana untuk mengijinkan seekor anjing menjilati mulut mereka. Pilihan ini bersifat pribadi. Orang-orang yang tidur bersama dengan anjing mereka, biasanya mengijinkan semua jenis keintiman, termasuk mencium.
Lalu, apakah anda akan membiarkan anjing anda mencium/ menjilati anda? Pilihannya ada pada anda.

Disadur dari http://mydogmagazine.com/dog-health/why-do-dogs-lick-people/ dan anjingkita.com

About infogukguk

Guk! Tempat nongkrong & sharing para #DogLover. Ada info soal dokter hewan, tips merawat anjing, kesehatan anjing dll... :)
This entry was posted in Pengetahuan Anjing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s